Pengertian Wiraswasta, Ciri-Ciri, dan Contoh Terlengkap

Posted on

Kita tentu sering melihat tulisan Wiraswasta, baik di data pribadi seseorang atau dalam sebuah teks , dokumen kependudukan. Lalu sebenarnya apa definisi dari Wiraswasta tersebut?

Definisi wiraswasta yaitu orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, menyatukan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan dari hal tersebut dan juga mengambil langkah yang tepat, untuk memastikan kesuksesan.

Wiraswasta biasanya juga sering ditampilkan dalam dokumen kependudukan seperti dalam sebuah KTP. Terkait hal tersebut biasanya ditampilkan pada bagian pekerjaan seseorang.

Pengertian Wiraswasta

Dalam kamus KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Pengertian Wiraswasta Menurut Para Ahli

Selain definisi diatas, berikut ini adalah pengertian wiraswasta yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:

Loading...

Buchari Alama

Wiraswasta yaitu seseorang yang memiliki pribadi yang besar, produktif, aksi dan kreatif melaksanakan rencana tersebut berasal dari ide itu sendiri, dan kemudian memperluas kegiatannya dengan penggunaan orang lain dan selalu berpegang pada nilai-nilai disiplin dan kejujuran yang tinggi.

Soesarsono Wijandi

Wiraswasta bukanlah teladan dalam usaha partikelir (swasta), namun sifat keberanian, kebajikan, cita-cita dan semangat yang berasal dari kekuatan sendiri, dari kemajuan tentara, baik di pemerintahan pengerjaan maupun dalam kegiatan apapun di luar pemerintah dalam arti keberhasilan dasar.

Djatmiko

Wiraswasta yaitu tindakan manusia yang bisa mengkoordinasikan sumber daya alam, energi, manusia dan peralatan-peralatannya menjadi benda-benda dan jasa ekonomi.

Fadel Muhammad

Wiraswasta adalah orang-orang yang fokus pada peluang daripada resiko.

Sudjoko

Wiraswasta yaitu mereka yang memiliki dan masih memiliki nilai-nilai kemanusiaan perintis, pelopor, pejuang kemerdekaan, pejuang kemajuan.

Daoed Yoesoef (1981:78)

Wiraswasta yaitu dimpimpin usaha, baik secara teknis dan atau ekonomis dengan aspek fungsional seperti mempunyai, mengurus, mengambil tantangan ketidakpastian, mempelopori bisnis baru, penemu (inovator) atau peniru (imitator); dengan cara mengejar keuntungan maksimum dan manfaat serta membawa bisnis untuk kemajuan, perluasan, pengembangan, melalui kepemimpinan ekonomi untuk meningkatkan prestise, kebebasan, kekuasaan dan kehormatan serta kelangsungan usaha. Baca Juga: Pengertian Pengusaha

Sumahawijaya (1980)

Wiraswasta yaitu memuat sifat keberanian, kebajian, cita-cita dan semangat yang berasal dari kekuagan sendiri.

Suhadi (1985)

Wiraswasta meliputi sejumlah karakteristik seperti percaya pada diri sendiri, cakrawala yang luas ke depan, memiliki ketangguhan mental, gesit dalam mencoba.

Suryo (1986)

Wiraswasta yaitu orang yang memiliki sifat independen, berpandangan jauh, kreatif, inovatif, ulet dan bersedia untuk mengambil risiko dalam manajemen bisnis dan kegiatan yang mengarah pada kesuksesan.

Ciri-Ciri Wiraswasta

Ciri-ciri atau karakterstik dari wiraswasta antara lain sebagai berikut:

Mempunyai dan Memahami Passion

Seorang wiraswasta harus mempunyai dan paham terhadap apa yang menjadi passion dirinya. Karena dengan memahami maka dapat digunakan untuk menjadi lahan bisnis untuk mereka. Bisnis yang didirikan dengan dasar passion umumnya lebih cepat berkembang dan dapat bertahan lama.

Positif dan Percaya Diri

pengertian wiraswasta

Bagi wiraswasta mengerjakan banyak pekerjaan dengan dilakukan secara mandiri tentu membuat mereka menjadi lebih percaya diri dan memiliki sikap yang positif. Mereka tidak dengan mudah mengandalkan orang lain.

Berdedikasi dan Disiplin

Seorang wiraswasta harus memiliki dedikasi serta disiplin yang tinggi. Karena hampir kebanyakan wiraswasta yang sudah sukses mempunyai dedikasi yang tinggi dan disiplin kerja yang baik.

Tanggung Jawab dan Berani Mengambil Risiko

Ketika seseorang memutuskan menjadi wiraswasta harus bertanggung jawab dan berani dalam mengambil risiko. Karena kedua hal tersebut dapat menjadi modal tambahan untuk mengembangkan usaha atau bisnis yang dijalani.

Baca Juga: Pengertian Manajer

Adaptasi dan Fleksibel

Wiraswasta selalu berhadapan dengan risiko dan seringkali mempunyai ide-ide dalam penyelesaian masalah. Hal ini menjadikan mereka lebih cepat beradaptasi dengan segala kondisi dan lebih fleksibel.

Mempunyai Rencana

Wiraswasta selau ditekan untuk bisa bertindak dengan cepat dan tepat. Tetapi tentu saja perbuatan itu harus diikuti dengan suatu rencana yang efektif. Hal itu yang menyebabkan harus mempunyai rencana baik secara jangka pendek atau jangka panjang.

Unsur-Unsur Wiraswasta

Dalam aktivitas wiraswasta terdapat beberapa unsur-unsur pendukung antara lain:

Unsur Pengetahuan

Pengetahuan dari setiap orang akan berpengaruh terhadap pola pikir dan juga dalam mengambil keputusan. Walaupun pengetahuan dapat diperoleh dari mana saja, tetapi pada umumnya unsur ini ditetapkan oleh tingkat pendidikan orang tersebut.

Unsur Keterampilan

Keterampilan dapat diperoleh dari melakukan pelatihan atau adanya pengalaman kerja. Keterampilan seseorang berpengaruh besar dalam usaha untuk meraih keberhasilan pada saat memutuskan menjadi wiraswasta.

Unsur Kewaspadaan

Unsur waspada yaitu penggabungan dari sikap mental dan pengetahuan dari orang dalam menghadapi sesuatu yang bisa saja terjadi. Kewaspadaan sangat dibutuhkan pada saat menghadapi sebuah kondisi atau risiko yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang.

Contoh Wiraswasta

Usaha wiraswasta sangat banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dibawah ini adalah beberapa contoh kegiatan wiraswasta, antara lain:

Jual Barang

Banyak orang yang menjalankan usaha swasta seperti menjual barang kepada konsumen. Adapun contoh usahanya seperti: Menjual pakaian, produk makanan, suplemen, kebutuhan rumah tangga, menjual alat tulis kantor dan lain-lain.

Jual Jasa

Selain menjual barang, ada pula kegiatan wiraswasta yang banyak dijalankan oleh masyarakat seperti: Jasa cuci laundry, jasa cuci mobil atau motor, jasa penulisan artikel, jasa pengetikan, jasa edit foto dan video, jasa supir mobil dan lain-lain.

Itulah tadi  penjelasan lengkap tentang Wiraswasta. Semoga dapat menjadi referensi pengetahuan kalian. Terimakasih telah mengunjungi website kami. Nantikan artikel berikutnya.

Loading...