Pengertian Power Supply, Jenis-Jenis, Cara Kerja, Fungsi

Posted on

Power Supply atau PSU adalah perangkat didalam komputer yang memiliki kegunaan sebagai penyedia atau yang memberikan sumber arus listrik terhadap perangkat lain didalam komputer itu sendiri.

Power Supply merupakan sumber listrik, sehingga fungsinya sangat dibutuhkan dan perangkat yang harus ada. Karena jika tidak ada power supply maka komputer tidak dapat hidup.

Pengertian Power Supply

Definisi power supply selain diatas yaitu suatu perangkat keras yang fungsinya untuk mengalirkan arus listrik kepada perangkat keras pada komputer dengan arus DC atau searah.

Bentuk power supply biasanya kotak dan didalamnya terdapat kabel-kabel yang merupakan penyusun power supply. Ada pula kabel-kabel yang menjulur keluar sebagai penghubung atau penghantar arus listrik untuk mainboard, cd/dvd room, power hardisk dan perangkat lain didalam komputer. Power Supply disebut juga dengan PSU

Jenis-Jenis Power Supply

pengertian power supply

Power supply dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain DC Power Supply, AC Power Supply, Switch Mode Power Supply, Programmable Power Supply, Uniterruptible Power Supply, High Voltage Power Supply.

Baca Juga: Pengertian Flashdisk

DC Power Supply

Merupakan penyedia daya yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan arus listrik berupa DC (Direct Current) dan mempunyai Polaritas yang tetap yakni Positif dan Negatif kepada bebannya. Ada dua jenis DC Power Supply yakni:

AC to DC Power Supply
Merupakan DC Power Supply yang merubah sumber tegangan listrik AC menjadi tegangan DC yang diperlukan oleh peralatan elektronika. AC to DC Power Supply pada dasarnya mempunyai suatu Trasformator yang menurunkan tegangan. Dioda sebagai penyearah dan kapasitor sebagai penyaring (filter).

Linear Regulator
Merupakan DC Power Supply yang merubah tegangan DC yang terfluktuasi menjadi konstan (stabil) dan nantinya menurunkan tegagnan DC input.

Baca Juga :  Fungsi LAN Card, Pengertian dan Jenisnya Pada Komputer

AC Power Supply

Merupakan jenis power supply yang merubah sebuah taraf tegangan AC ke taraf tegangan lain. Seperti AC Power Supply yang menurunkan tegangan AC 220V ke 110V untuk peralatan yang memerlukan tegangan 110VAC. Atau sebaliknya dari tengan AC 110V ke 220V. Baca Juga: Pengertian Scanner

Switch Mode Power Supply

Merupakan jenis power supply yang secara langsung melakukan penyearahan atau penyaringan tegangan input AC untuk memperoleh tegangan DC. Tegangan DC itu selanjutnya di switch ON dan OFF di frekuensi tinggi dengan sirkuit frekuensi tinggi menjadikan menghasilkan arus AC yang bisa melewati Transformator frekuensi tinggi.

Programmable Power Supply

Merupakan jenis power supply yang cara mengoperasikannya bisa dikendalikan dengan RC (Remote Control) dengan antar muka (interface) Input Analog ataupun digital seperti RS232 dan GPIB.

Uninterruptible Power Supply (UPS)

UPS Merupakan jenis power supply yang mempunyai dua sumber listrik yakni arus listrik yang secara langsung bersumber dari tegangan input AC dan baterai yang ada didalam UPS.

Baca Juga: Fungsi LAN Card

Ketika arus normal, tegangan input akan secara simultan mengisi baterai dan menyediakan arus listrik pada beban (alat listrik). Namun pada saat terjadi kegagalan pada sumber tegangan AC misalnya mati listrik, maka baterai akan mengambil alih untuk menyediakan tegangan pada alat-alat listrik (komputer, televisi, monitor dll).

High Voltage Power Supply

Merupakan power supply yang bisa menghasilkan tegangan tinggi sampai dengan ratusan hingga rubuan volt. High Voltage Power Supply sering dipakai di mesin X-Ray maupun alat-alat yang membutuhkan tegangan tinggi.

Klasifikasi Power Supply

Secara umum, power supply dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu menurut fungsinya, menurut bentuk mekaniknya dan juga menurut metode konversinya.

Power Supply Menurut Fungsinya

Menurut fungsinya, power supply bisa dibagi menjadi tiga jenis sebagai berikut:

Regulated Power Supply
Merupakan power supply yang bisa menyeimbangkan kesetabilan tegangan dan arus listrik walapun ada perubahan atau variasi pada beban atau sumber listrik (tegangan dan arus input)

Unregulated Power Supply
Merupakan power suppy yang tegangannya bisa berubah pada saat beban berubah atau sumber listrik terjadi perubahan.

Baca Juga :  Pengertian Scanner, Fungsi, Jenis-Jenis, Cara Kerja

Adjustable Power Supply
Merupakan power supply yang tegangan atau arusnya bisa dilakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan dengan memakai Knob Mekanik, ada dua jenis adjustable power supply, yakni Regulated Adjustable Power Supply dan Unregulated Adjustable Power Supply.

Power Supply Menurut Bentuknya

Dalam alat-alat elektronika, seperti komputer, televisi ataupun DVD Player. Power Supply seringkali ditempatkan didalam atau menjadi satu dengan perangkat-perangkat itu.

Menjadikan konsumen tidak dapat melihat secara langsung, jadi hanya suatu kabel listrik yang bisa dilihat dari luar. Power Suplly jenis ini dinamakan dengan Power Supply Internal (Built In).

Tetapi terdapat pula Power Supply yang berdiri sendiri dan diletakkan di luar perangkat elektronik seperti pada charger handphone atau adaptor laptop. Terdapat pula power supply stand alone yang berupa bentu besar dan bisa diatur tegangannya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Power Supply Menurut Metode Konversinya

Menurut metode konversinya, power supply bisa dibagi menjadi Power Supply Linier, yang berfungsi untuk mengkonversi tegangan listrik secara langsung dari dalam dan Power supply switching yang mengkonversi tegangan input ke pulsa AC atau DC terlebih dahulu.

Cara Kerja Power Supply

Adapun cara kerja power supply adalah arus listrik yang masuk pada power supply yang berbentuk arus AC (arus bolak balik) akan dikonversi atau diubah menjadi arus DC (arus searah). Selanjutnya di supply kedalam komponen atau perangkat elektronika yang ada pada komputer seperti motherboard, kipas atau fan, cd room, hardisk, jek usb dan lain sebagainya. Sedangkan pada komponen lain adalah monitor, laptop, dan perangkat yang membutuhkan power supply.

Fungsi Power Supply

Power supply memiliki fungsi utama sebagai penghantar arus listrik untuk komponen atau perangkat pada alat elektronika seperti komputer, laptop, dvd player, monitor dan lain-lain.

Itulah penjelasan lengkap tentang power supply. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Nantikan artikel selanjutnya.