Pengertian Pengusaha, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan Wirausaha Terlengkap

Posted on

Beberapa orang mengartikan sebagai kemampuan bertahan dengan terus-menerus sedangkan menjadi pengusaha adalah sebuah seni dalam bertahan. Di artikel ini kalian akan mempelajari tentang pengertian pengusaha, manfaat, kelebihan dan kekurangan Wirausahawan dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini.

Definisi Pengusaha

Pengusaha adalah seseorang yang menjalankan aktivitas usaha baik usaha jual-beli, maupun usaha produksi yang mempunyai tujuan utama untuk memperoleh keuntungan dan menanggung resiko yang mungkin saja akan terjadi dalam aktivitas usahanya.

Sedangkan Wirausaha merupakan orang yang mampu dalam mencari dan memanfaatkan peluang usaha dan juga memperoleh sumber dana dan sumber daya yang dibutuhkan untuk kegiatan usaha, serta berani menanggung resiko yang bisa saja terjadi dalam aktivitas usahanya.

Pengertian Pengusaha Menurut Para Ahli
Pengertian Pengusaha

Mardiasmo (2008: 36)

Pengusaha adalah orang pribadi atau badan dalam bentuk apapun yang dalam kegiatna usaha atau pekerjaannya menghasilkan barang, mengimpor barang, mengekspor barang, melakukan usaha perdagangan, memanfaatkan barang tidak berwujud dari luar daerah pabean, melakukan usaha jasa termasuk mengekspor jasa atau memanfaatkan jasa dari luar pabean.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian pengusaha menurut KBBI adalah orang yang mengusahakan (perdagangan, industri, dan sebagainya); orang yang berusaha di bidang perdagangan; saudagar, usahawan.

Manfaat Pengusaha

Manfaat menjadi pengusaha tentu saja bisa melatih mental lebih kuat ketika berhadapan dengan tantangan yang banyak.

Seorang pengusaha yang sudah berpengalaman tentu akan memiliki tingkat memanajemen resiko dalam menjalankan usahanya. Akan lebih tahan terhadap kondisi apapun dilapangan.

Baca Ini :  Pengertian Kesempatan Kerja, Jenis-Jenis, Faktor Yang Mempengaruhi, Contoh

Pada pengelolalan perusahan, kemampuan wirausahawan atau pengusaha sangat menentukan. Sehingga keberhasilan dan juga maju atau mundurnya aktivitas usaha sangat tergantung terhadap kecakapan dari pengusaha.

Yuk Baca Juga:

Wirausahawan/pengusaha yang berhasil memajukan usahanya, terlihat dengan semakin meningkatnya keuntungan atau labat perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, laba perusahaan adalah bentuk imbalan yang juga harus diterima oleh seorang pengusaha/wirausahawan

Seorang wirausahawan harus mempunyai beberapa dasar atau skill antara lain:

  • Manajerial skill, yakni kemampuan dalam melakukan mengorganisasi seluruh faktor produksi untuk mencapai tujuan.
  • Technical skill, yakni keahlian yang sifanya teknis ketika menjalankan proses produksi menjadikan berjalan dengan baik.
  • Organization skill, yakni keahlian dalam memimpin segala usaha yang ada, tidak hanya pada internal perusahaan yang sifatnya bisnis, tetapi juga organisasi dalam bentuk lain.

Kelebihan Wirausahawan

Adapun kelebihan menjadi wirausahawan adalah:

1.Kesempatan untuk mewujudkan cita-cita

2.Kesempatan untuk membuat suatu perubahan

3.Untuk meraih potensi penuh yang terdapat pada diri sendiri

4.Untuk meraih keuntungan yang besar

5.Memberikan kontribusi pada masyarakat dan memperoleh pengakuan terhadap usaha sendiri

6.Bisa melaksanakan apa yang disenangi

Kekurangan Wirausahawan

Kekurangan menjadi seorang wirausahawan adalah sebagai berikut:

1.Ketidakpastian terhadap pendapatan, mendirian dan menjalankan bisnis serta tidak memberikan jaminan akan memperoleh cukup uang dalam bertahan hidup

2.Resiko kehilangan semua investasi, tingkat kegagalan bisnis kecil yang sangat tinggi

3.Jam kerja yang panjang dan juga bekerja keras.

4.Kualitas hidup lebih rendah sampai dengan bisnis didirikan

5.Tanggung jawah yang kompleks, banyak pengusaha diwajibkan untuk membuat keputusan tentang berbagai isu di luar bidang ilmu

Baca Ini :  Pengertian Lembaga Keuangan, Fungsi, Manfaat, Jenis Terlengkap

6.Putus asa, sangat memerlukan dedikasi, disiplin, dan juga keuletan untuk mengatasinya.

Itulah tadi sudah saja jelaskan tentang pengertian pengusaha, manfaatnya, kelebihan dan kekurangan menjadi wirausahawan semoga bisa menambah wawasan kalian, terutama pada bidang usaha. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5/5 (1)

Nilai Kualitas Konten