Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan, Arti, Teori dan Perbedaannya

Posted on

Dalam organisasi atau perusahaan tentu saja memiliki seorang pemimpin. Atau bahasa yang lebih keren adalah manajer. Manajer adalah pemimpin yang memimpin untuk organisasi atau perusahaan.

Pemimpin yaitu orang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam mengarahkan atau mengkoordinasi untuk meraih tujuan dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita baca penjelasan dibawah ini dengan seksama tentang Pemimpin dan Kepemimpinan.

Pengertian Pemimpin

Definisi pemimpin selain penjelasan diatas adalah orang yang menetapkan tujuan, motivasi dan perbuatan kepada orang lain. Pemimpin juga diartikan sebagai orang yang memimpin. Seorang pemimpin dapat bersifat resmi (formal) dan tidak resmi (informal).

Pengertian Pemimpin Menurut Para Ahli

pengertian pemimpin

1. Kartini Kartono (2003: 27)

Pemimpin yaitu seorang anggota kelompok yang paling berpengaruh terhadap aktivitas kelompoknya dan yang memainkan peranan penting dalam merumuskan ataupun mencapai tujuan-tujuan kelompok. Seorang pemimpin merupakan penyalur bagi pikiran, tindakan dan kegiatan yang bersifat mempengaruhi dan melaksanakan pekerjaan-pekerjaan. Hal ini berarti bahwa pemimpin selalu meliputi sejumlah besar masalah kekuasaan.

2. Fiedler dalam Setiawati (2000:7)

Pemimpin adalah sebagai seorang yang bertugas mengarahkan dan mengkoordinasi aktivitas-aktivitas yang ada dalam tugas-tugas kelompok. Seorang pemimpin adalah seorang yang karena kecakapan pribadinya dengan atau tanpa pengangkatan resmi dapat mempengaruhi kelompok yang dipimpinnya untuk mengarahkan usaha kerjasama kearah pencapaian sasaran tertentu.

3. Suradinata (1997:11)

Pemimpin adalah orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organnisasi maupun keluarga.

4. Winardi (1990:32)

Pemimpin terdiri dari pemimpin formal (formal leader) dan pemimpin informal (informal leader).

Pengertian Pemimpin Dalam Islam

Dalam Islam Pemimpin diartikan sebagai khalifah, amir atau imamah. Khalifah yaitu pengganti yakni orang yang menggantikan tempat oragn lain dalam beberapa urusan.

Imamah adalah yang menjadi pemimpin, yang merupakan suri taulada atau orang yang harus diikui atau yang mendahului. Sedangkan Amir memiliki makna pemimpin.

Pengertian Kepemimpinan

Dalam KBBI (1995:769) Kepemimpinan berasal dari kata “pimpin” yang mendapat awalan “me” menjadi “memimpin” yang artinya menunjukkan jalan dan membimbing. Kata-kata memimpin artinya sebagai aktivitas, sedangkan yang melakukannya dinamakan “pemimpin” . Menurut bahasa Inggris, Kepemimpinan adalah Leadership.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

1. Achmad Sanusi (2009:19)

Kepemimpinan adalah keseluruhan tindakan guna mempengaruhi serta menggiatkan orang dalam usaha bersama untuk mencapai tujuan, atau dengan definisi yang lebih lengkap dapat dikatakan bahwa kepemimpinan adalah proses pemberian jalan yang mudah dari pada pekerjaan orang lain yang terorganisir dalam organisasi formal guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca Ini :  Pengertian Toleransi, Manfaat, Jenis, Contoh Terlengkap

2. W.J.S Poerwadarminta (1984:754)

Kepemimpinan secara bahasa berasal dari kata “pemimpin” yang bermakna menuntun, menunjukkan jalan, mengantarkan.

3. Wahyusumidjo (1994: 18-19)

Kepemimpinan adalah proses dalam mempengaruhi kegiatan-kegiatan seseorang atau kelompok dalam usahanya mencapai tujuan di dalam suatu situasi tertentu.

4. Kartini Kartono (2003:5-8)

Kepemimpinan adalah masalah relasi dan pengaruh antara pemimpin dengan yang dipimpin. Kepemimpinan tersebut timbul dan berkembang sebagai hasil dari interaksi otomatis antara pemimpim dengan orang-orang yang dipimpinnya.

5. Ordway Tead dalam Kartini Kartono (2003:49)

Kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang-orang agar mereka bekerjasama dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

6. Sudarwan Danin (2004:24)

Kepemimpinan adalah setiap perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang tergabung di dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

7. Malayu S.P Hasibuan (2003:170)

Kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan agar mau bekerjasama secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi.

8. Ambar Teguh Sulistiyani (2008:21)

Kepemimpinan dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dalam melakukan inisiasi terhadap kelompok perlu di dukung orang kemampuan pemimpin. Kemampuan pemimpin mengendalikan peranan utama untuk menentukan efektivitas kepemimpinan seseorang.

9. Siagian (1986:12)

Kepemimpinan adalah keterampilan dan kemampuan seseorang mempengaruhi perilaku orang lain, baik yang kedudukannya lebih tinggi maupun lebih rendah daripada nya dalam berfikir dan bertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik dan egosentrik berubah menjadi perilaku organisasional.

Teori Kepemimpinan

Terdapat tiga teori yang menerangkan timbulnya pemimpin menurut Kartono (1998:29) yaitu:

1. Teori Genetis

Menjelaskan bahwa:

  • Pemimpin tidak diciptakan, tetapi lahir dari pemimpin oleh bakat-bakat alami yang luar biasa dari lahir.
  • Pemimpin ditakdirkan lahir menjadi pemimpin dalam situasi dan kondisi yang bagaimanapun juga.
  • Secara filsafat, teori itu menganut pandangan deterministis.

2. Teori Sosial

Mengatakan bahwa:

  • Pemimpin itu harus diciptakan, dididik, dan dibentuk, tidak terlahir begitu saja.
  • Setiap orang dapat menjadi pemimpin dengan usaha penyiapan dan pendidikan dan juga dorongan dari diri sendiri.

3.Teori Ekologis atau Sintetis

Muncul karena reaksi dari kedua teori diatas, menyatakan bahwa: Seseorang akan sukses menjadi pemimpin jika sejak lahir sudah mempunyai bakat-bakat kepemimpinan, dan bakat-bakat ini telah dikembangkan dengan pengalaman dan usaha pendidikan, juga sesuai dengan tuntutan lingkungan atau ekologisnya.

Sudah tau arti dari Entrepreneur? Baca tentang Pengertian Entrepreneur

Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan

Perbedaan antara pemimpin dan kepemimpinan adalah jika pemimpin lebih ke seseorang yang melakukan, sedangkan kepemimpinan adalah sikap, perbuatannya dalam memimpin.

Pemimpin lebih kepada seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi individu atau sekelompok orang lain untuk bekerjasama. Sedangkan Kepemimpinan bisa diartikan sebagai bentuk interaksi antara seseorang dengan suatu kelompok, cara bersikapnya terhadap kelompok itu, dan interaksi dalam mempengaruhinya.

Demikianlah pembahasan tentang pemimpin dan kepemimpinan, apa saja perbedaan dan teorinya. Semoga bisa menambah referensi wawasan kalian. Terimakasih sudah menyempatkan membaca artikel kami dan nantikan artikel selanjutnya.