Pengertian Pameran, Tujuan, Manfaat, Jenis-Jenis, Unsur

Posted on

Pameran adalah suatu pertunjukan seni rupa atau karya seni pada masyarakat umum. Aktivitas ini adalah sebuah media dalam mengkomunikasikan suatu karya seni, seniman dan penikmat seni.

Agar lebih memahaminya, pada ulasan kali ini kami akan membahas dengan lengkap tentang Pameran. Simak selengkapnya dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Pameran

Dalam Wikipedia, Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karta seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

Definisi pameran yang lain adalah kegiatan yang diadakan untuk menyampaikan ide atau gagasan atas suatu seni kepada masyarakat luas dengan media dalam bentuk karya seni. Dengan harapan bisa menjalin komunikasi antara seniman yang diwakili oleh karya seninya dengan para apresiator.

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

Myers, B (1985)
Pameran adalah satu aktivi yang melibatkan satu ruang, biasanya galeri atau dewan dan mempamerkan hasil karya seni seperti lukisan, catan, cetakan, arca, ukiran, gambar foto dan karya yang siap.

Tujuan Pameran

Sebuah pameran tentu memiliki tujuan dalam penyelenggaraannya, yaitu:

Tujuan Utama

Pameran mempunyai tujuan utama yakni mendapatkan suatu apresiasi dan opini dari pengunjung sebagai usaha untuk melakukan peningkatan kualitas dari pencipta karya seni dan menambah wawasan mengenai karya seninya.

Tujuan Sosial

Tujuan sosial memiliki arti yaitu aktivitas pameran seni rupa dengan skala besar ataupun skala kecil bisa dimanfaatkan untuk kepentingan sosial atau charity. Kepentingan sosial itu bisa direalisasikan dari pemakaian tiket masuk atau hasil penjualan karya seni yang disumbangkan atau disalurkan untuk kalangan yang membutuhkan bantuan.

Tujuan Komersial

Berhubungan dengan aktivitas mendapatkan keuntungan, terutama untuk seniman dan penyelenggara pameran. Suatu aktivitas pameran akan diadakan dan bertujuan supaya karya yang dipamerkan bisa laku dijual dan memperoleh keuntungan untuk pemilik karya ataupun penyelenggara pameran.

Tujuan Kemanusiaan

Tujuan kemanusiaan artinya kegiatan pameran bisa dijadikan kepentingan dalam membina nilai-nilai, pelestarian, serta pengembangan hasil dari karya seni yang berada di masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Musik Modern

Jika pameran mempunyai tujuan untuk sosial kemanusiaan, maka dana dari hasil penjualan karya seni akan dimanfaatkan untuk kegiatan sosial kemanusiaan misalnya untuk membantu panti asuhan ataupun korban bencana.

Baca Juga :  Pengertian Musik Tradisional, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contohnya

Manfaat Pameran
Pengertian Pameran, Tujuan, Manfaat, Jenis-Jenis, Unsur

Suatu pameran akan memiliki manfaat, antara lain yaitu:

  • Sebagai sarana meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengapresiasi suatu karya seni orang lain.
  • Sebagai sarana menunmbuh dan menambah wawasan untuk seniman yang membuat karya seni
  • Membuat masyarakat mampu dalam menilai atau melakukan evaluasi terhadap karya seni dengan objektif
  • Bisa dijadikan tempat untuk melatih kekompakan dari penyelenggara kegiatan
  • Memberikan pengalaman banyak untuk pembuat karya seni
  • Dapat melatih masyarakat, utamanya untuk panitia dalam merencanakan sesuatu dan menjalankan apa yang sudah direncanakan dengan baik.
  • Bisa menjadi tempat refresing.

Jenis-Jenis Pameran

Adapun jenis-jenis dari pameran antara lain:

Pameran Tetap

Adalah pameran yang menampilkan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia dengan sistem periodik dan disusun dengan dasar konsep kuratorial dan penyelenggaraannya dilakukan juga oleh Galeri Nasional Indonesia.

Waktu untuk menyelenggarakan pameran tetap berlangsung paling sedikitnya 1 kali dalam satu tahun.

Pameran Temporer

Adalah pameran tunggal atau pameran bersama yang menampilkan karya-karya seni rupa yang jangka waktu penyelenggaraanya tertentu dan dilaksanakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerjasama dengan pihak lain.

Waktu menyelenggarakan Pameran Temporer minimal dalam 10 hari, dan maksimal untuk 30 hari.

Pameran Keliling

Adalah pameran yang menampilkan karya-karya seni Galeri Nasional Indonesia pada beberapa daerah di Indonesia dan atau di luar negeri yang juga diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia bisa juga dengan suatu kerja sama dengan pihak lain. Waktu yang digunakan dalam penyelenggaraan Pameran keliling adalah 10 hari.

Ruang yang dipakai peserta pameran disebut dengan stand atau booth yang dibagi dan disusun oleh panitia penyelenggara pameran

Unsur Pameran

Dalam membuat pameran ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar jalannya pameran berjalan lancar. Seperti konsep, dana, sampai dengan karya seni yang hendak dipertunjukkan. Berikut unsur pameran yang mencakup:

Unsur Peralatan

Suatu pameran, karya seni rupa harus dipajang dengan sangat baik dan menarik pengunjung. Selain itu harus menampilkan keindahan dan estetika dari karya seni itu. Oleh sebab itu harus didukung dengan peralatan yang sepadan misalnya pencahayaan, etalase, dan partisi.

Baca Juga :  Pengertian Alat Musik Tradisional, Cara Memainkan dan Ciri-Cirinya

Unsur Tempat

Tempat atau ruangan yang dijadikan penyelenggaraan pameran harus dipertimbangkan dengan karya seni yang ingin ditampilkan. Karya seni rupa seperti suatu lukisan atau karya fotograsi sangat baik apabila dipajang di ruangan karena dapat menghindari dari gangguan seperti hujan atau hal lain yang dapat merusak karya seni.

Kemudian untuk karya seni lain seperti kerajinan dari batu, semen, kayu atau logam bisa ditampilkan pada dalam ruangan ataupun diluar ruangan. Selain itu harus mempertimbangkan dari keamanan agar karya seni tetap terjaga dan tidak ada masalah yang timbul seperti dicuri dan lain-lain.

Unsur Penyelenggara

Sebuah pameran tidak akan terselenggara apabila tidak ada pihak yang menyelenggarakan. Penyelenggara pameran merupakan suatu kelompok orang (Seringkali sebuah komunitas) yang menyusun dan memiliki tanggung jawab atas jalannya aktivitas selama pameran berlangsung.

Penyelenggaran pameran merupakan perantara antara seniman dan pengunjung atau apresiator, utamanya apabila karya seni diminati oleh pembeli.

Unsur Karya Seni

Karya seni merupakan elemen penting yang harus menjadi pertimbangan dan disiapkan dengan sangat matang. Karya seni bisa ditunjukan dalam bentuk karya seni 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Misalnya patung, lukisan, fotografi, kaligrasi dan lain sebagainya. Semakin banyak karya seni yang dipamerkan, maka semakin banyak nilai yang bisa diambil para pengunjung dalam suatu pameran.

Tetapi jumlah karya seni yang dipertunjukkan harus diserasikan dengan tempat dan ruangan yang ada, sehingga tidak merusak keindahan.

Unsur Pengunjung

Pameran tidak berjalan apabila tidak ada pengunjung. Karena sebenarnya, pameran adalah suatu tempat atau wadah untuk seniman agar memperoleh apresiasi dari masyarakat umum. Sehingga bisa disebut bahwa pengunjung adalah satu dari beberapa unsur diatas yang paling penting.

Oleh karena itu, pihak penyelenggara harus bekerja keras untuk mengadakan pameran yang bisa membuat pengunjung menjadi puas. Seringkali, penyelenggara menambah acara seperti talkshow dengan seniman, maupun menampilkan band dalam suatu pameran agar lebih meriah.

Itulah penjelasan lengkap tentang Pameran, semoga bisa menambah pengetahuan kalian. Terimakasih sudah berkunjung.