Pengertian Organisme, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Contoh Terlengkap

Posted on

Dilihat dari sumber bahasa nya, istilah Organisme berasal dari bahasa Yunani yaitu “Organon” atau “Organimos” yang artinya alat. Menurut istilah, organisme merupakan kumpulan molekul yang saling terhubung dan mempengaruhi sehingga dapat stabil fungsinya dan bersifat hidup.

Pengertian Organisme

Organisme dapat diartikan sebagai makhluk hidup yang tersusun atas beberapa kompoenen yang banyak. Komponen ini selajutnya akan terhubung dan berpengarauh dan juga bekerja sama untuk meraih tujuan.

Organismen tersusun atas beberapa bentuk, ukuran dan gaya hidup yang tidak sama, tetapi mereka seluruhnya mempunyai beberapa ciri yang sama.

Masing-masing organisme pasti memerlukan makanan sebagai nutrisi, mengeluarkan limbah dan tumbuh serta berkembang biak dan akhirnya akan mati seperti hewan.

Ciri-Ciri Organisme

Dari penjelasan diatas organisme dapat diketahui adalah makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Oleh sebab itu organisme mempunyai beberapa ciri utama atau karakteristik dari masing-masing organisme yang terdiri dari suatu struktur yang dapat dinamakan dengan sel.
Pengertian Organisme

Selanjutnya masing-masing organisme juga dapat berkembang biak atau menghasilkan keturunan dari diri mereka sendiri dengan materi genetik yang seringkali disebut dengan DNA.

Ciri berikutnya dari organisme adalah mereka yang mempunyai respon pada rangsangan yang bersumber dari linkungan sekelilingnya. Ciri lainnya adalah melakukan metabolisme di dalam sel mereka.

Yuk Baca Juga:

Klasifikasi Organisme

Jenis atau klasifikasi dari organisme dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu organisme autotrof (produsen) dan organisme heterotrof (konsumen)

Definisi organisme autotrof yaitu organisme yang mempunyai kemampuan dalam menyediakan makanannya secara mandiri dengan bantuan sinar matahari dan klorofil.

Baca Juga :  Fungsi Glomerulus dan Pengertiannya

Organisme Autotrof dibagi menjadi dua jenis yakni Organisme Fotoautotrof yang membuat makanan dengan cara fotosintesis seperti tumbuhan hijau dan Organisme Kemoautotrof yang membuat makanan dengan cara eneri kimia seperti bakteri nitrosomoan.

Baca: Fungsi Xilem dan Floem

Sedangkan definisi organisme Heterotrof adalah jenis organisme yang tidak mempunyai kemampuan dalam membuat makanannya sendiri seperti manusia dan hewan.

Organisme Heterotrof selanjutnya dibedakan lagi menurut makanannya menjadi Herbivora, Karnivora dan Omnivora. Kemudian menurut perannya dibagi menjadi Detritirvor, Scanvenger, Predator dan Parasit. Selain daripada diatas, Heterotrof juga terbagi menjadi Biofagus, Saprofagus, dan Dekomposer.

Contoh Organisme

Adapun contoh dari organisme adalah manusia, hewan, ikan, makhluk hidup lainnya.

tulah penjelasan singkat tentang Organisme. Semoga dapat menambah wawasan kalian yang sedang mencari materi tentang Organisme.