Pengertian Musik Modern, Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh Terlengkap

Posted on

Terdapat banyak jenis Musik didunia ini. Yang salah satu diantaranya adalah musik modern. Silakan pahami pembahasan mengenai pengertian, fungsi, ciri-ciri, jenis-jenis dan contoh musik modern selengkap dibawah ini.

Dengan musik kehidupan menjadi lebih indah, musik juga dapat menjadi suatu terapi otak dan menghilangkan stress. Musik telah lama ada di dunia, agar lebih jelasnya berikut pemaparan secara lengkapnya.

Pengertian Musik Modern

Umumnya, musik modern adalah jenis musk yang memperoleh suatu sentuhan instrumen dan teknologi. Yang tidak berasal dari musik masyarakat yang ada.

Jenis musik ini hadir sesudah zaman musik klasik, dan selalu mengalami perkembangan sampai sekarang ini.

Musik modern berbeda dengan musik tradisional. Musik modern mempunyai ketentuan komposisi seperti tangga nada, notasi, instrumen musik dan lain sebagainya.

Tidak saja itu, musik modern juga mempunyai sifat keterbukaan. Oleh sebab itu, musik modern dapat terus mengalami perkembangan. Musik modern sifatnya universal dan menyeluruh menjadikan semua orang dapat saja mengerti, memahami, dan menikmati musik modern itu.

Pengertian Musik Modern Menurut Para Ahli
Pengertian Musik Modern

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang musik modern, antara lain:

Camus (1988)

Pengertian musik modern menurut Camus adalah musik yang terlahir karena adanya budaya modern contohnya band, marching band, orkestra simponi dan konser, yang pada umumnya berorientasi pada kebudayaan populer.

Subiyakto (2006)

Pengertian musik modern menurut Subiyakto adalah musik yang sudah menggunakan instrumen yang berkembang atau telah terkena sentuhan teknologi.

Wikipedia

Dalam wikipedia musik modern/musik popuper adalah merujuk kepada salah satu dari sejumlah genre musik yang memiliki daya tarik yang luas dan biasanya didistribusikan ke publik/khalayak yang besar melalui industri musik.

Fungsi Musik

Musik modern mempunyai fungsi yang utama adalah sebagai hiburan atau sebuah media penyaluran ekspresi diri. Walaupun seperti itu, musik modern ternyata juga mempunyai fungsi yang banyak. Adapun fungsi dari musik modern adalah sebagai berikut:

Sebagai Media Hiburan

Sebagaimana yang telah disinggung diatas, musik modern mempunyai fungsi utama sebagai media menghibur untuk pendengarnya.

Sebagai Media Promosi

Musik modern juga dapat dimanfaatkan untuk ajang promosi sesuatu. Seringkali hal ini terlihat dari isi lirik lagu, atau memakai musik yang temanya disesuaikan dengan objek tertentu yang ingin dipromosikan oleh pemusik.

Sebagai Media Pertunjukan

Musik modern juga dapat dimanfaatkan sebagai media pertunjukan. Misalnya pada acara konser musik. Pertunjukan seperti ini seringkali menarik minat masyarakat menjadikan banyak dihadiri oleh penonton.

Sebagai Sarana Ekonomi

Disisi sebagai media menghibur orang, musik modern juga dapat dipakai sebagai sarana ekonomi. Maksudnya, si pemusik dapat juga mengkomersilkan musik tersebut, dengan cara menjual rekaman atau mengadakan pertunjukan musik yang menetapkan harga tiket masuk.

Sebagai Media Pendidikan

Dan selain dari yang telah dibahas diatas, musik modern juga dapat dijadikan sebagai media pendidikan. Karena, suatu ilmu pengetahuan dapat lebih mudah disalurkan apabila memanfaatkan musik modern sebagai medianya.

Ciri-Ciri Musik Modern

Dalam musik modern, terdapat ciri-ciri yang menjadi pembeda dengan jenis musik lain. Berikut ini ciri dari musik modern, yaitu:

  1. Menggunakan lirik dengan bahasa nasional
  2. Sentuhan teknologi modern mempengaruhi musiknya
  3. Seringkali jenis musik ini dipasarkan (dijual kepada publik untuk memperoleh keuntungan/uang)
  4. Tempo yang ada pada musik modern cenderung lebih cepat dan kencang
  5. Musiknya diiringi dengan alat musik modern
  6. Gaya musik modern cenderung mengarah bebas dan tidak terikat oleh satu aturan tertentu
  7. Musik modern seringkali dipengaruhi oleh kebudayaan barat/luar
  8. Pada umumnya dibuat dengan tangga nada tujuh nada (nada diantonis)
  9. Identitas pencipta dan penulis lagu diketahui (bukan anonim)
  10. Kadang-kadang musik modern terpengaruhi oleh trend yang tengah berkembang di kalangan masyarakat
  11. Bersifat tidak tahan lama dan hanya populer dalam jangka waktu tertentu
  12. Tema yang diangkat pada musik modern cenderung luas atau bervariasi

Jenis-Jenis Musik Modern

Adapun jenis-jenis atau macam-macam musik modern bisa dilihat dibawah ini.

Musik Pop
Musik pop merupakan jenis musik modern yang paling populer dan banyak dinyanyikan di masyarakat luas. Kata pop adalah sebuah singkatan dari kata populer.

Sebab itu, musik pop sebenarnya sama dengan musik populer. Adapun contoh penyanyi musik pop diantaranya, Madonna, Adele, David Bowie, Michael Jackson, Britney Spears, Justin Timberlake, Justin Bieber

Musik Rock
Musik Rock awal dikenal publik sejak pertengahan tahun 50-an. Jenis musik ini terpengaruhi oleh musik R & B, musik country, dan beberapa pengaruh lain.

Beberapa contoh penyanyi rock diantaranya The Beatles, The Rolling Stone, Led Zeppelin, AC/DC dan lain sebagainya.

Musik Jazz
Musik jazz berkembang pada akhir abad ke-19. Genre musik ini bermula dari warga Afrika-Amerika dan juga berkembang dari genre musik blues dan ragtime.

Beberapa contoh penyanyi musik jazz diantaranya Miles Davis, Duke Ellington, Charlie Parker dan lain sebagainya.

Yuk Baca Juga:

Musik Hip Hop
Musik Hip Hop mempunyai ciri spesial yakni memakai teknik rap atau tekni bernyanyi secara cepat. Musik ini selanjutnya menjadi suatu budaya yang didalamnya mencakup musik rap, beatbox, musik DJ, tari breakdance, sampai grafiti.

Beberapa contoh penyanyi musik hip hop yaitu Jay-Z, Dr.Dre, Eminem, Kanye Wes dan lain sebagainya.

Musik R&B
Musik R&B adalah percampuran dari genre musik jazz, gospel dan blues. Jenis musik ini mulanya dikenalkan oleh pemusik asal Afrika-Amerika.

Beberapa contoh penyanyi musik R&B adalah Usher, Beyonce, Whitney Houston dan lain sebagainya.

Musik Country
Musik country adalah jenis musik yang asalnya dari Amerika Serikat dibagian selatan dan daerah pegunungan Appalachia. Jenis musik ini muncul dan berkembang karena pengaruh musik gospel dan musik lagu rakyat Amerika.

Musiuk Blues
Musik Blues telah ada sejak akhir abad ke-19. Musik ini asalnya dari Amerika Serikat, dan adalah hasil pengembangan genre musik folk dan musik tradisional Afrika.

Beberapa contoh penyanyi musik blues antara lain Robert Johnson, Muddy Waters, B.B. King dan lain sebagainya.

Musik Reggae
Musik reggat adalah jenis musik modern yang asalnya dari Jamaika. Musik ini lahir di akhir tahun 60-an dan selanjutnya berkembang pada era 70-an.

Beberapa penyanyi reggae antara lain Bob Marley, Jimmy Cliff, Toots Hibbert, dan lain sebagainya.

Contoh Musik Modern

Beberapa contoh dari musik modern, antara lain:

  • Electronic Dance Music (EDM)
  • Hip-Hop, Rap
  • Marching Band
  • Opera
  • Anime Music
  • K-Pop
  • Jazz
  • Blues
  • R&B, Soul
  • Reggae
  • Rock
  • Musik Pop

Alat Musik Modern

Adapun alat-alat musik modern antara lain:

  • Gitar akustik atapun gitar elektrik
  • Keyboard
  • Piano
  • Biola
  • Organ
  • Saxophone
  • Harmonika
  • Terompet
  • Seruling
  • Drum

Demikianlah sudah saya jelaskan tentang pengertian, fungsi, ciri-ciri, jenis-jenis, contoh dan alat musik modern. Semoga dapat menambah wawasan kalian khususnya dalam bidang musik. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Nilai Kualitas Konten