Pengertian Keyboard dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Dalam seperangkat komputer, kehadiran keyboard sebagai perangkat keras yang digunakan untuk mengetik harus ada. Sebab jika tidak ada keyboard dan mouse, akan terasa kurang maksimal dan tentu saja menghambat dalam mengoperasikan komputer.

Setiap komputer tentu saja harus ada keyboardnya, karena ini adalah perangkat yang tidak dapat dipisahkan selain mouse. Peran keyboard sangat penting sama seperti sepeda dan pedalnya.

Dengan keyboard, maka kita bisa memberikan perintah atau input kepada komputer untuk menampilkan apa yang telah diketik oleh keyboard. Untuk lebih lengkapnya, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang definisi keyboard, bagaimana sejarahnya dan apa saja jenis-jenis keyboard. Mari simak uraian dibawah ini dengak seksama.

Pengertian Keyboard

Dalam Wikipedia keyboard atau yang disebut dengan papan ketik adalah sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1-9 dan juga 0.

Pengertian keyboard lainnya adalah perangkat yang tersusun rapi sebagai media input komputer yang mana keyboard berisikan susunan huruf, angka dan fungsi kontrol yang lain.

Baca Juga: Pengertian Hardisk

Peranan keyboard dalam komputer sangat penting sebab beberapa perintah yang dalam bentuk teks, dan perintah lain dilakukan dengan menggunakan keyboard.

Adapun bentuk atau susunan keyboard pada komputer hampir sama dengan susunan keyboard pada mesin ketik. Namun terdapat beberapa fitur lain yang ditambahkan dan lebih lengkap daripada mesin ketik.

Keyboard dapat dipakai sebagai alat untuk memberikan atau perintah data dari user ke dalam komputer yang selanjutnya data itu akan diubah menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer dan selanjutnya diproses sesuai apa yang diperintahkan.

Sejarah Keyboard

pengertian keyboard

Keyboard diciptakan dengan adanya ilham dari terciptanya mesin ketik yang rancangannya dibuat oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan ketika itu dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington.

Keyboard pertama dibuat sesuai dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarah jauh (Teletype). Lalu pada tahun 1946 komputer ENIAC memakai pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) menjadi alat input dan output.

Baca Juga: Pengertian Scanner

Dalam penggunaan sehari-hari keyboard dipakai untuk menginput teks dan angka ke dalam software pengolah data, teks atau program lain. Di sebuah komputer yang sudah modern, keyboard juga digunakan untuk bermain game, yang dapat dilakukan dengan beberapa kombinasi tombol.

Jadi keyboard awal mula penciptaannya karena ilham adanya mesin ketik hingga dilakukan penyempurnaan sampai terbentuknya inovasi keyboard seperti yang sering kita gunakan saat ini.

Fungsi Keyboard

Dalam setiap keyboard terdiri dari huruf, angka dan barisan tombol fungsi. Adapun tombol-tombol tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Secara umum berikut ini adalah fungsi dari keyboard komputer.

Main Typing Keypad
Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berisi huruf A sampai Z, tanda baca dan angka 1-0 yang dipakai untuk memberikan perintah teks ke dalam sistem komputer seperti ketika menulis pada Microsoft Office atau pada program lain. Main typing disebut juga dengan tombol utama.

Directional Keys
Directional atau tombol arah mempunyai empat tombol ini berisikan anak panah yang mengarah ke empat sisi. Tombol ini mempunyai fungsi untuk memindah kursor atau menggeser kursor ke arah yang diinginkan.

Numeric/Directional Keypad
Numeric merupakan tombol-tombol angka yang berisikan angka dan tombol pemindah kursor yang terletak pada sisi kanan tombol utama. Tombol ini dapat berfungsi apabila tombol numeric di aktifkan. Tombol numeric akan mempermudah user dalam mengetik atau memasukkan angka ke dalam sistem.

Lihat Juga: Definisi Mainboard

Function Keys
Tombol fungsi ini terletak diatas tombol utama dan terdiri dari tombol F1-F12. Tombol fungsi mempunyai fungsi untuk mengatur beberapa perintah seperti memanggil browser, menyimpan dokumen, memunculkan menu help, mengakhiri program serta fungsi lainnya.

Special Keys
Adalah tombol pada keyboard yang berada di bagian atas tombol directional keys yang terdiri dari tombol Home, Delete, Page Up. Page Down, Insert, Print Screen, Pause Break dan End. Fungsinya untuk memberikan perintah ketika sedang menulis di microsoft word seperti ke awal halaman, ke akhir halaman, akhir paragraf, ke halaman paling awal dan akhir dan lain sebagainya.

Baca Ini :  Pengertian Motherboard dan Jenis-Jenisnya

Modifier Keys
Adalah tombol yang terdiri dari CTRL, ALT, dan Shift. Sesuai dengan namanya, ketiga tombol ini akan merubah atau memodifikasi fungsi suatu tombol lain pada keyboard dan dapat ditekan bersamaan dengan tombol lain untuk memunculkan hasil suatu perintah.

Baca Juga: Pengertian Printer

Seperti pada tombol CTRL yang ditekan dengan tombol huruf A akan secara otomatis memblok data yang telah dipilih pada monitor. Kombinasi tombol-tombol itu juga biasa dinamakan sebagai shortcut keys.

Status Light (Lock Keys)
Merupakan indikator lampu yang memberikan tanda bahwa sebuah tombol sedang digunakan untuk mengatur suatu fungsi seperti tombol Caps Lock yang dapat diketik dengan huruf kapital dan numeric lock yang dipakai untuk memunculkan tombol numeric keys.

Windows Keys
Seringkali di keyboard di komputer windows mempunyai tombol yang memiliki gambar logo Windows itu sendiri. Tombol ini mempunyai fungsi untuk menampilkan menu di jendela windows pada komputer.

Jenis Keyboard

Keyboard mengalami perkembangan dari pertama muncul hingga saat ini, berikut ini adalah beberapa jenis keyboard dari masa ke masa.

1. Keyboard QWERTY

keyboard qwerty

Di tahun 1860, Sholes dan Dunsmore membuat keyboard pertama, yaitu keyboard QWERTY. Papan ketik ini adalah hasil inspirasi dari mesin ketik yang seperti papan tuts dan sampai sekarang juga masih banyak digunakan orang. Pada awalnya mereka membuat keyboard dengan papan ketik yang berurutan abjad, ABCD.

Tetapi karena terdapat masalah seperti pengerjaan yang menjadi terhambat karena macetnya papan ketik dan proses pengetikan yang semakin cepat pada akhirnya menjadikan mereka berfikir untuk menemukan letak posisi huruf supaya sesuai.

Lihat Ini Juga: Pengertian Power Supply

Selanjutnya didapatlah inovasi dengan mengacak huruf-hurud abjad yang akhirnya berhasil membuat desain keyboard yang baru. Desain baru ini menjadi 4 baris, urutan desain baru itu selanjutnya dipatenkan oleh Remington yang juga hasil dari penyempurnaan dan telah ditata rapi seperti yang banyak dipakai sekarang.

2. Keyboard DVORAK

keyboard dvorak

Di tahun 1936, ada penemuan desain keyboard yang dibuat oleh August Dvorak. Keyboard ini terasa lebih rumit sebab user komputer sudah terbiasa memakai keyboard QWERTY. Desain keyboard tersebut dikenal dengan nama DVRAK yang diambil dari nama penemunya.

3. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibedakan menjadi dua bagian (kiri dan kanan). Keyboard ini adalah penyempurnaan dari keyboard sebelumnya. Keyboard Klockenberg memiliki keunikan dengan memisahkan bagian kanan dan kiri dengan sudut 15 derajat dan dibuat dengan miring kebawah.

Tujuan dibuat keyboard ini adalah untuk mengurangi bebat otot yang ada pada jari jemari dan pergelangan tangan user. Terutama pada saat mengetik dengan durasi waktu yang lama. Selain itu juga untuk mengurangi beban di otot tangan dan bahu. Namun dengan terdapatnya pemisah itu, menjadikan keyboard ini harus membutuhkan tempat yang luas dibanding keyboard jenis lain.

4. Keyboard MALTRON

keyboard maltron

Keyboard maltron yaitu keyboard yang memiliki perbedaan dari jenis keyboard lainnya. Memiliki bentuk yang unik dengan bentuk cekung ke dalam sehingga membuatnya berbeda dari jenis lainnya.

Pembuat keyboard ini memiliki pendapat, bahwa manusia bisa mengetik dengan 8 jari dari 10 jari yang ada dengan keyboard biasa. Kemudian, tangan harus terampil menyesuaikan dengan bentuk keyboard biasa.

Keyboard biasa seperti jenis QWERTY dengan bentuk yang sudah dijelaskan diatas dianggap membuat Repetitive Stress Injures (RSI). Sehingga sangat berbeda dengan keyboard Maltron, tangan user tidak harus menyesuaikan keyboard tetapi keyboard maltron itu sendiri yang akan menyesuaikan tangan pengguna.

Jadi dengan bentuk keyboard yang unik tersebut dianggap bisa membuat pengguna lebih nyaman dalam melakukan pekerjaan mengetik dan bisa mengurangi resiko adanya RSI. Dan dianggap lebih cepat dalam mengetik sebab semua jari bisa ikut dalam pengetikan.

5. Keyboard CHORD

Adalah keyboard yang mempunyai beberapa tombol saja yang kira-kira hanya 4 hingga 5 tombol. Apabila ingin memakai keyboard ini untuk mengetik, pengguna harus menekan beberapa tombol secara bersamaan.

User juga harus tahu kombinasi penekanan yang akan dipakai untuk mengetik yang bisa menginput hurud. Adanya hal itu menjadikan keyboard CHORD sangat jarang dipakai sebab menjadikan pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengetik.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang keyboard dan fungsinya serta jenis-jenisnya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda dan terimakasih.