Pengertian Inspirasi dan Contohnya

Posted on

Inspirasi merupakan ilham dalam KBBI. Secara umum inspirasi artinya sebuah proses yang mendorong manusia agar terangsang pikirannya untuk tergerak berbuat sesuatu, utamanya melakukan perbuatan yang berkaitan dengan sesuatu yang kreatif. Inspirasi ini seringkali dirangsang oleh sesuatu yang ada disekitarnya, sesuatu ini bisa jadi menyentuh.

Pengertian Inspirasi

Definisi inspirasi yang lain yaitu suatu ide kreatif yang timubl dengan sendirinya atau dengan melakukan pengamatan di tempat tertentu yang kadan-kadang pada waktu dan tempat yang jarang terfikirkan.

pengertian inspirasi

Inspirasi memiliki perbedaan dengan motivasi. Karena motivasi bersifat mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk memperoleh atau mencapai apa yang menjadi keinginannya.

Sedangkan inspirasi adalah ide-ide kreatif yang timbul dari dalam diri karena adanya rangsangan dari luar. Tetapi inspirasi bias menjadi suatu motivasi untuk orang meraih tujuannya.

Inspirasi dapat diperoleh kapan saja atau dimana saja, kadang-kadang tanpa disengaja tiba-tiba mendapatkan suatu inspirasi dalam bentuk ide yang kreatif.

Baca Juga: Pengertian Hedonisme

Inspirasi dapat muncul dan diperoleh pada saat orang membaca buku, menjalankan aktivitas atau kegiatan sehari-hari, ketika sedang sendirian, melihat orang lain, melihat lingkungan sekitar, sedang menikmati pemandangan alam, menonton film, menulis, sedang menggambar dan lain sebagainya.

Manusia diciptakan sudah memiliki perasaan, kekuatan berfikir didalamnya. Sehingga mencari inspirasi terkadang didapatkan ketika sedang menikmati suasana atau perasaan senang, sedih, atau sedang merenung.

Menciptakan Inspirasi

Seringkali orang mempercayai jika untuk menciptakan inspirasi harus memiliki ide unik yang belum pernah terfikirkan sebelumnya. Tetapi tidak ada satu cara untuk mengatur atau menciptakan orang agar terinspirasi. Hal tersebut dikarenakan setiap orang memiliki kemampuan atau kepekaan perasaan yang tidak sama dalam menciptkan inspirasi.

Baca Juga :  Pengertian Hedonisme, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Contoh Inspirasi

Ketika seseorang setelah mengikuti sebuah seminar atau membaca buku bisnis biasanya akan terinspirasi dari materi dari seminar atau buku tersebut. Sehingga membuatnya terinspirasi untuk mengikuti apa yang diajarkan dalam seminar. Seperti terinspirasi untuk membuat bisnis, usaha atau mulai berkarya.

Dibawah ini adalah beberapa kondisi yang bisa merangsang atau pemicu agar tercipta inspirasi yang kreatif.

  • Dapat menemukan inspirasi dari membaca suatu buku.
  • Dapat menemukan inspirasi dari mendengarkan musik.
  • Dapat menemukan inspirasi dari menonton film
  • Bisa juga dengan mencoret-coret kertas dengan pensil
  • Dari mendengarkan cerita orang
  • Dari mendengarkan audio motivasi
  • Dari melihat aktivitas orang lain sehari-hari
  • Dari ketika sedang didalam kamar mandi
  • Dari ketika sedang mengobrol dengan orang lain atau teman
  • Dan lain sebagainya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Inspirasi. Semoga dapat membantu kalian yang sedang membutuhkan inspirasi. Nantikan artikel selanjutnya.

5 (100%) 11 votes