44 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu pernah atau sering menerapkan ilmu ekonomi. Seperti misalnya kita sedang berbelanja ke pasar, membeli pulsa dan lain sebagainya.

Ilmu ekonomi sering kita gunakan, namun kita sendiri kadang tidak sadar sudah menerapkannya. Lalu apa sebenarnya definisi dari Ilmu Ekonomi? Berikut ini kami akan mengulas definisi Ilmu Ekonomi yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu ekonomi pada secara umum didefinisikan dengan suatu bidang ilmu yang mempelajari mengenai perbuatan seseorang dan masyarakat tentang bagaimana untuk memilih memakai sumber-sumber yang terbats dengan dan atau tanpa uang memakai suatu alternatif yang paling baik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai usaha memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Berikut ini definisi ilmu ekonomi menurut para ahli.

Louis Cantori

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Louis Cantori adalah masalah menjadi berputarnya harta diantara manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akhirat atau hereafter.

Wilian Beveridge

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Wilian Beveridge adalah suatu kejadian tentang cara manusia bekerja sama untuk mendapatkan keperluan material.

Amwal

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Amwal adalah salah satu cabang ilmu atau studi yang menerangkan mengenai bagaimana menetapkan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli

M. Akram Khan

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh M. Akram Khan adalah ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia atau falah yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.

Khursid Ahmad

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Khursid Ahmad adalah suatu upaya sistematis yang mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalah tersebut dari sudut pandan Islam.

Aristoteles

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Aristoteles adalah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

M. Manullang

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh M. Manullan adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang masyarakat yang dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran atau kemakmuran dalam suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barnag maupun jasa.

Jack Hirshleifer

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Jack Hirshleifer adalah studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin diambil, atau ilmu ekonomi juga digunakan untuk mempelajari apa yang terjadi jika keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Ensiklopedia Indonesia

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Ensiklopedia Indonesia adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut.

Baca Juga :  Apa Itu Akuntansi, Pengertian, Tujuan, Sejarah dan Manfaatnya

Suherman Rosyidi

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Suherman Rosyidi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berusaha untuk memberikan pengetahuan dan pengeritan tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.

Robert B. Ekelund Jr dan Robert D. Tollison

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Robert B. Ekelund Jr dan Robert D. Tollison adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas dan memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

N. Gregory Mankiw

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh N. Gergory Mankiw adalah studi tentang masyarakat mengelola sumber daya alam yang langka.

Richard G. Lipsey

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Richard G. Lipsey adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang bersifat tidak terbatas.

Paul A. Samuelson

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Paul A. Samuelson adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas, akan tetapi dapat dipergunakan kembali dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang atau dimasa datang, kepada berbagai orang atau kelompok di dalam masyarakat.

Samuekon

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Samuekon adalah studi yang menganalisa kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.

Wikipedia

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Wikipedia adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.

Van Der Valk

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Van Der Valk adalah cabang dari studi pengetahuan yang selalu mempelajri mengenai setiap tindakan ekonomi yang dilakukan oleh setiap manusia yang disertakan juga dengan akibat yang bisa saja timbul karena setiap tindakan ekonomis itu.

Penson

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Penson adalah ilmu pengetahuan yang selalu mendalami mengenai kesejahteraan material di setiap diri manusia.

KBBI

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh KBBI adalah ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang. Serta berbagai masalah yang berhubungan dengan itu.

A. C Pigou

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh A. C Pigou adalah suatu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran guna meningkatkan taraf hidup.

Edwin Cannan

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Edwin Cannan adalah suatu studi yang bertujuan untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kebijakan material.

Lionel Robbins

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Lionel Robbins adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang tingkah laku manusia yang berhubungan dengan kehendak mereka yang tidak terbats dengan sumber-sumber terbats dengan memaksimalkan kegunaan atau utility.

Rosyidi

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Rosyidi adalah sebuah cabang ilmu sosial yang memfokuskan objeknya pada individu dan masyarakat.

Adam Smith

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Adam Smith adalah sebuah cabang ilmu yang membahas dan mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan atau mengolah segala sumber daya yang memiliki batasan penggunaan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Hal ini yang sering disebut dengan teori ekonomi klasik.

Albert L. Meyers

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Albert L. Meyers adalah suatu ilmu yang membahas dan mempelajari tentang apa saja kebutuhan yang harus dimiliki dan dibutuhkan oleh manusia serta bagaimana cara memuaskan kebutuhan tersebut dengan cara apa manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

J.L Mey JR

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh J.L Mey JR adalah ilmu tentang usaha atu langkah-langkah yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan atau merasakan sebauh kemakmuran dalam hidupnya.

Baca Juga :  Sistem Ekonomi Ali Baba, Pengertian, Tujuan dan Programnya

Gunnar Myrdal

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Gunnar Myrdal adalah cabang ilmu dari ilmu sosial, sehingga ilmu ekonomi tidak terlepas kaitannya dengan ilmu sosial lainnya, seperti politik, psikologi, geografi, antropologi dan lain sebagainya.

Frank Knight

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Frank Knight adalah sebuah cabang ilmu yang memberikan pengetahuan maupun pandangan bagi semua orang tentang cara hidup yang ekonomis.

Hennipman

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Hennipman adalah ilmu atau studi yang bertugas untuk menganalisis manusia dan reaksi yang diberikannya dalam kehidupan ekonomi.

Mel Vilye J Ulmer

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Mel Vilye J Ulmer adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang kegiatan pokok perekonomian, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Oscar Langen

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Oscar Langen adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tata administrasi dari berbagai sumber baik kecil maupun besar dan dianalisa sedemikian rupa hingga bisa dipergunakan bagi kehidupan manusia secara maksimal dan sebaik-baiknya.

J.B Say

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh J.B Say adalah cabang ilmu yang dianggap sebagai sebuah kajian ilmu mengenai segala peraturan yang dapat saja menentukan kekayaan seseorang.

Baca Juga: Pengertian Pengusaha

J.M Keynes

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh J.M Keynes adalah suatu teknik berpikir yang memiliki kegunaan untuk mempertimbangkan sejumlah biaya serta bagian dari keuntungan.

J. Van Zwijnregt

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh J. Van Zwinjnregt adalah cabang ilmu atau studi pengetahuan yang mempelajari setiap usaha manusia untuk tercapainya suatu kemakmuran.

Alfred W

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Alfred W adalah ilmu yang dibagi menjadi tiga golongan yaitu ilmu mengenai teori ekonomi, ilmu mengenai ekonomi terapan, dan ilmu mengenai ekonomi deskriptif.

Alfred Marshall

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Alfred Marshall ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan sehari-hari manusia.

Abraham Maslow

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Abraham Maslow adalah salah satu bidang pengkajian dimana ilmu ini mencoba untuk menyelesaikan masalah atas keperluan manusia melalui berbagai sumber ekonomi yang sudah ada berdasarkan kepada teori dan prinsip tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang sudah dianggap efektif dan efisien.

Mogertern dan Von Neumann

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Mogertern dan Von Neumann adalah disiplin ilmu yang sayang sekali jika tidak diperlukan dengan cara yang tidak ilmiah.

Mill J.S

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Mill J.S adalah sains praktikal atau ilmu pengetahuan tentang seluk beluk dalam hal pengeluaran dan penagihan.

Hermawan Kartajaya

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Hermawan Kartajaya adalah ilmu yang berhubungan dekat dengan industri. Ekonomi inilah yang sebagai tempat melekatnya sektor industri sehingga industri berkembang dan tersebar di dunia.

John Stuart Mill

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh John Stuart Mill adalah ilmu yang mempelajari segal ahal tentang pengeluaran dan penagihan.

Karl Marx

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Karl Marx adalah ilmu yang mempelajari cara-cara manusia untuk bertahan hidup dalam sebuah struktur kelas sosial yang hubungannya ditentukan dalam pemanfaatan sarana produksi.

Thorstein Veblen

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Thorstein Veblen adalah ilmu yang mempelajari kemampuan manusia untuk menentukan pilihan-pilihan produksi, konsumsi, dan distribusi sesuai perasaan, selera dan nilai-nilai kebudayaan dalam lingkungannya.

Mohammat Hatta

Ilmu ekonomi didefinisikan oleh Mohammat Hatta adalah ilmu yang mempelajari proses-proses tercapainya kesejahteraan dan keadilan sosial dalam suatu masyarakat.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli. Semoga dapat memberikan referensi ilmu untuk anda. Selamat membaca.

5 (100%) 11 votes