Pengertian Entrepreneur, Mindset, Ciri-Ciri, Contoh

Posted on

Entrepreneur merupakan orang yang menjalankan kegiatan atau aktivitas wirausaha yang pandai serta berbakat dalam mengenali produk baru.

Pada dasarnya entrepreneur harus berfikir kreatif dan imajinatif untuk menemukan peluang bisnis/usaha baru. Selain itu harus bisa mengatur atau mengontrol dirinya sendiri untuk kepentingan dan kebaikan disekelilingnya.

Pengertian Entrepreneur

Seperti yang disinggung diatas, bahwa entreprenerur diartikan sebagai seseorang yang menjalankan usaha atau bisnis dengan mempunyai bakat dalam mengelola dan mengatur bisnis yang sedang dia jalankan.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

pengertian entrepreneur

Wikipedia

Entrepreneur menurut Wikipedia adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Thomas W Zimmerer

Entrepreneur menurut Thomas W Zimmerer adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.

Peter F Drucker

Entrepreneur menurut Peter F Drucker adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yhang baru dan berbeda.

Kasmir

Entrepreneur menurut Kasmir adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.

Zimmerer

Entrepreneur menurut Zimmerer adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan. Baca Juga: Pengertian NPWP

Soeparman Sphemahamidjaja

Entrepreneur menurut Soeparman Sphemahamidjaja adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup. Baca Juga: Pengertian Pengusaha

Baca Juga :  Pengertian Housekeeping, Tanggung Jawab, Tugas, Ruang Lingkup

Dalam Bisnis

Entrepreneur dalam Bisnis adalah memulai sebuah bisnis

Kamus Merriam-Webster

Entrepreneur menurut Kamus Merriam-Webster adalah sebagai seseorang yang mengorganisir dan menanggung sebuah risiko, sebuah bisnis atau usaha.

Andre J Dubrin

Entrepreneurship menurut Andre J Dubrin adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.

Hendro dan Chandra W.W

Entrepreneur menurut Hendro dan Chandra W.W adalah suatu kemampuan mengelola sesuatu yang ada dalam diri anda untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup anda di masa mendatang.

Drucker dalam Alma

Entrepreneur menurut Drucker adalah seseorang yang mampu memanfaatkan peluang.

Schumpeter

Entrepreneur menurut Schumpeter adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Sarosa

Entrepreneur menurut Sarosa adalah seseorang yang memiliki visi, semangat, dan melakukan suatu tindakan-tindakan yang dapat dibuktikan atau secara nyata dalam dunia usaha untuk menciptakan dan mengembangkan sendiri sumber-sumber pendapatan atau incomenya tanpa harus bergantung semata-mata kepada orang lain.

Suryana

Entrepreneurship menurut Suryana adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan dan mencari peluang dari masalah yang dihadapi oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari.

Mindset Entrepreneur

Seorang entrepreneur harus memiliki mindset dalam menjalankan usaha atau bisnisnya, adapun mindset tersebut antara lain yaitu:

Tidak Berfikir Instan

Dalam menjalankan bisnis apapun jangan berfikir ingin berhasil secara instan. Baik bisnis yang dijalankan secara offline ataupun online karena semua membutuhkan proses untuk menuju apa yang menjadi cita-cita.

Apabila seoarang entrepreneur hanya tergiur dengan bisnis karena hasil yang cepat maka bisa dipastikan akan segera hancur. Semua membutuhkan waktu, pengorbanan, kesabaran dan kerja keras.

Baca Juga: Pengertian Branding

Seorang entrepreneur harus meningkati prosses dan jangan mudah menyerah. Ingat tokoh-tokoh sukses di dunia mereka bisa berhasil karena menikmati proses yang tidak sebentar, mereka berproses.

Jangan Bermental Gratisan

Salah satu dari kendala dalam berwirausaha adalah adanya pola pikir yang maunya gratisan. Artinya seorang entrepreneur harus siap membayar untuk mendapatkan ilmu, seperti mengikuti seminar berbayar, training, kursus dan lain-lain.

Baca Juga :  Pengertian Ojk (Otoritas Jasa Keuangan), Tujuan, Tugas, Wewenang, Asas

Tujuan memiliki mental yang tidak suka gratisan adalah agar tidak berpangku tangan atau menunggu orang lain memberi. Setiap ilmu yang diperoleh dengan berbayar tentu akan lebih maksimal daripada hanya yang didapat dengan gratis.

Siap dan Berani Gagal

Setiap orang yang sukses tentu sudah pernah mengalami suatu kegagalan, sudah menjadi rumus orang yang sukses tersebut yaitu mempunyai jatah gagal mereka masing-masing.

Baca: Pengertian Manajer

Sehingga untuk anda yang ingin memulai di dunia entrepreneur jangan takut gagal, kerjakan yang terbaik sehingga hasilnya juga akan baik. Dan untuk meminimalisir kegagalan adalah belajar dengan orang yang sudah sukses dan belajarlah dari kegagalannya.

Ciri-Ciri Entrepreneur

Seorang entrepreneur atau wirausahawan mempunyai ciri-ciri seperti mampu untuk melakukan invoasi terhadap produknya, bisa mengenali suatu produk baru, bisa melihat peluang baru, membuat produk baru dan memasarkan produk yang dimilikinya. Selain itu bisa mengelola modal agar jalannya bisnis tetap sesuai dengan rencana usaha/bisnisnya. Sebagai seorang pengusaha anda harus tahu apa itu fungsi asli uang dan fungsi turunan uang 

Contoh Entrepreneur

Di Indonesia entrepreneur sudah banyak yang sering di ulas di majalah-majalah bisnis. Berikut ini adalah beberapa entrepreneur yang ada di Indonesia.

  • Sandiaga Salahudin Uno (pemilik puluhan perusahaan multinasional)
  • Reza Nurhilman (Keripik Maicih)
  • Gazan Aska (Zanana Chips)
  • Jaya Setiabudi (Founder Yukbisnis.com)
  • Ahmad Zaky (Founder Bukalapak.com)
  • Wiliam Tanuwijaya (CEO dan Founder Tokopedia.com)
  • Dian Pelangi (Brand Hijab Dian Pelangi)
  • Rico Huang (Alona Gadget, Alona Store)
  • Dewa Eka Prayoga (Billionare Store, penerbit buku-buku bisnis)
  • Aji Krisna (Krisnia Oleh-0leh khas bali, Krisna adventure,dll)
  • Dan lain-lain

Itulah pembahasan lengkap tentang Entrepreneur. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda. Terimakasih sudah berkunjung dan sukses selalu.