Pengertian Csr, Fungsi, Manfaat, Tujuan, Bentuk, Contoh Terlengkap

Posted on

Csr adalah singkatan dari Corporate Social Responsibility yaitu suatu konsep atau perbuatan yang dilakukan oleh perusahaan karena memiliki rasa tanggung jawah suatu perusahaan terhadap sisal ataupun lingkungan sekitar yang mana perusahaan tersebut berada.

Seperti menjalankan suatu kegiatan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak yang kurang mampu dilingkungan perusahaan.

Dana untuk memelihara fasilitas umum, sumbangan untuk pembangunan desa atau fasilitas yang berguna untuk masyarakat yang sifatnya sosial dan bermanfaat untuk penduduk. Pada khususnya untuk masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan tersebut.

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu kejadian atau strategi yang dipakai perushaaan untuk melakukan akomodasi kebutuhan dan keperluan stakeholder-nya.

CSR diawali sejak jaman kesadaran terhadap sustainability perusahaan jangka panjagn yaitu lebih penting dibanding sekedar profitability perusahaan.

Pengertian CSR

Pada dasarnya CSR adalah suatu bentuk tanggung jawab perusahana kepada stakeholder atau pemegang kepentingan, yang mana lebih dari pada itu para ahli mengemukakan bahwa CSR mempunyai tiga pengertian, yakni:

  • Melakukan tindakan sosial, didalamnya termasuk adalah rasa peduli kepda lingkungan hidup yang lebih dari batas-batas yang dituntut atau diharuskan dalam peraturan perudang-undangan.
  • Komitmen usaha yang dijalankan secara etis, beroperasi secara sah, dan juga melakukan kontribusi kepada peningkatan ekonomi yang disertai dengan peningkatan kualitas hidup pegawai dan juga keluarganya, komunitas lokal, serta masyarakat banyak.
  • Komitmen bisnis untuk ikut serta dana kontribusi dalam pembangunan ekonomi secara berkelanjutan, bekerja dengan karyawan perusahaan, keluarga karyawan, komunitas setempat, dan juga masyarakat umum secara keseluruhan dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup bersama.

Baca Juga:

CSR sangat dekat hubungannya dengan Suistainable developtment (pembangunan berkelanjutan) yang mana sebuah perusahaan dalam melakukan kegiatannya harus dengan dasar keputusan yang tidak semata-mata terorientasi pada aspek ekonomi (keuntungan) tetapi juga harus memikirkan akibat atau dampak sosial dan lingkungan yang bisa saja muncul dari keputusannya tersebut.

Fungsi CSR

Pada umumnya fungsi dari CSR yaitu sebagai bentuk rasa tanggung jawab perusahaan kepada berbagai pihak yang ikut serta ataupun yang terkena dampaknya baik secara langsung atau tidak langsung terhadap aktivitas perusahaan dengan memberikan perhatian yang lebih kepada pihak-pihak tersebut.

Manfaat CSR
Pengertian Csr

Manfaat CSR Untuk Masyarakat

  • Menaikkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan yang luas
  • Hadirnya beasiswa untuk anak muda tidak mampu berada di daerah tersebut.
  • Terdapat pembangunan pedesaan fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat umum yang berada di sekitar perusahaan tersebut.
Baca Juga :  Pengertian Wirausahawan, Ciri-Ciri dan Contoh Wirausahawan

Manfaat CSR Untuk perusahaan

  • Meningkatkan citra perusahaan
  • Menumbuhkan kerjasama dengan perusahaan yang berbeda
  • Menguatkan brand perusahaan di hati masyarakat
  • Membedakan perusahaan dengan kompetitornya.

Adapun manfaat dari CSR untuk perusahaan secara lengkap antara lain:

Izin Sosial Untuk Beroperasi

Untuk perusahaan, masyarakat merupakan faktor yang membuat perusahana bergerak atau malah sebaliknya. Dengan adanya CSR, masyarakat yang berada disekitar akan memperoleh manfaat dari adanya perusahaan dilingkungan meraka.

Dengan begitu masyarakat akan menerima manfaat dan memberi keuntungan serta merasa memiliki perusahaa. Apabila sudah seperti itu perusahaan akan lebih leluasa untuk melakukan kegiatan usahanya di daerah tersebut.

Mereduksi Risiko Bisnis Perusahaan

CSR akan menjadikan hubungan antara perusahaan dengan pihak-pihak yang terlibat menjadi semakin baik, menjadikan risiko-risiko bisnis seperti terdapat kerusauan menenttang berdirinya perusahaan akan berkurang.

Apabila seperti ini maka biaya-biaya pengalihan risiko bisa dipakai untuk sesuatu yang lebih berguna untuk perusahaan ataupun pada masyarakat.

Melebarkan Akses Sumber Daya

CSR apabila dikelola dengan baik akan menjadi suatu keunggulan bersiang untuk perusahaan yang pada akhirnya bisa membantu perusahaan dalam melancarkan jalan untuk memperoleh sumber daya yang diperlukan perusahaan.

Melebarkan Akses Menuju Market

Semua investasi dan biaya yang keluarkan pada program CSR secara nyata bisa menjadi suatu peluang perusahaan dalam mendapatkan market yang lebih besar. Dan juga didalamnya bisa membangun loyalitas konsumen dan juga menembus pangsa pasar baru. Hal ini disebabkan pada program CSR bisa membuat nama perusahaan akan lebih dikenal dan dikagumi oleh masyarakat.

Mereduksi Biaya

Program CSR juga bisa melakukan penghematan biaya perusahana seperti contohnya melakukan program CSR yang berhubungan dengan lingkungan dengan melakukan penearpan konsep daur ulang dalam perusahaan, menjadikan limbah perusahaan akan berkurang dan biaya yang dibutuhkan pada produksi akan berkurang.

Memperbaiki Hubungan Dengan Stakeholder

Jalannya program Corporate Social Responsibility (CSR) bisa membantu komunikasi dengan stakeholder bisa lebih sering dan dekat, yang mana hal itu akan menambah kepercayaan stakeholder kepada perusahaan.

Memperbaiki Hubungan Dengan Regulator

Perusahaan yang menjalankan CSR pada umumnya akan ikut serta meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Yang mana pemerintah yang sebenarnya memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakatnya.

Meningkatkan Semangat Serta Produktivitas Karyawan

Reputasi perusahaan yang baik dan kontribusi yang diberikan perusahana kepada stakeholders, masyarakat serta lingkungan akan menambah rasa bangga untuk karyawan yang bekerja di perusahaan dimama hal itu bisa bermanfaat terhadap meningkatnya motivasi dan produktivitas kerja karyawan.

Peluang Mendapatkan Penghargaan

Perusahaan yang memberikan kontribusi yang besar untuk masyarakat dan lingkungan melalui program CSR akan memiliki peluang untuk memperoleh kesempatan mendapatkan penghargaan. Tentu suatu penghargaan akan menjadi kebanggan tersendiri bagi sebuah perusahaan.

Tujuan CSR

Tujuan dari program CSR perusahaan. Perusahaan yang melakukan unit program sebenarnya dengan sasaran yang telah ditargetkan. Tujuan yang paling objektif yaitu menghasilkan dampak positif kepada lingkngan dan mencakup masyarakat sekitar. Adapun beberapa tujuan diadakannya CSR adalah:

  • Ikut memberikan kontribusi terhadap pengembangan lingkungan dan masyarakat sekitar
  • Menangkap sumber daya manusia yang berkualitas dan potensial
  • Mengurangi resiko perusahaan pada korupsi dan kerugian
  • Sebagai pembeda perusahaan dengan perusahana alternatif (pesaing)
  • Menjalin hubungan yang baik kepada masyarakat di luar perusahaan
  • Potensi biaya CSR akan mengurangi jumlah pajak yang dibayarkan oleh perusahaan
  • Menjalin hubungan yang baik dengan pemegang kepetingan (stakeholder) di luar seperti pemasok.
Baca Juga :  Pengertian Wiraswasta, Ciri-Ciri, dan Contoh Terlengkap

Bentuk CSR

Bentuk ataupun karakteristik CSR yang baik adalah sebagai berikut:

  • CSR seharusna adalah kegiatan yang melebihi kepatuhan terhadap undang-undang yang berlaku.
  • CSR seharunya dapat menghasilkan dampak semi permanen untuk perusahaan dan masyarakat
  • CSR harus menghitung dan menimbang kepentingan pemegang kepentingan (stakeholders) di dalam dan di luar perusahaan.
  • CSR harus berisikan sistem govermane yang sesuai, bersamaan dengan transpotasi dan tangung jawab
  • CSR seharusnya mengikuti tips ISO 26000.

Contoh CSR

Program CSR bisa saja menjadi suatu program yang sangat membantu masyarakat sekitar atau untuk perusahaan tersebut.

Dimanapun dengan adanya program CSR ini bisa mempermudah permasalahan atau kesulitan yang dialami perusahaan dan masyarakat. Sedangkan untuk korporat, program CSR ini dapat memberikan citra perusahaan yang layak di mata konsumen dan masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan besar yang mengerti keadaan lingkungan sekitar dan melakukan program CSR, antara lain yaitu:

Danone (Aqua Mineral Water)

Danone menjalankan program CSR yang dinamakan dengan program WASH (Water, Acces, Sanitation, Hygiene Program) yang mempunyai arti Air, Akses, Sanitasi, Kebersihan.

Yang mempunyai tujuan untuk melakukan peningkatan kesejahteraan lingkungan dan berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan untuk penyediaan solusi pada masalah yang berhubungan dengan sistem air di Hindia Belanda. Program ini sangat baik dinamakan “1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih”

PT. Pertamina

Pertamina memiliki komitme untuk menjalankan program CSR-nya dengan membantuk pemerintah Indonesia dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di dalam terra firma dengan cara pelaksanaan program yang aman difasilitasi pencapaian target acara dan membangun hubungan yang sangat baik dan kontributif dengan seluruh pemegangn kepentingan (stakeholders) untuk memberikan dukungan tindakan tujuan perusahana, utamanya dalam membangun nama perusahaan.

PT. Sinde Budi Sentosa (Larutan Cap Badak)

PT. Sinde Budi Sentosa menjalankan program CSR dengan melakukan pelestarian lingkungan mamalia perissodactyl di daerah Jawa di taman Ujung Kulon.

Program ini bekerja sama antara Sinde dan WWF Indoneis. Bahwa Sinde meberikan dana dari peroleh penjualan untuk program konservasi mamalia perissodactyl Jawab di Ujung Kulon.

Itulah penjelasan lengkap tentang CSR. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari materi ini. Terimkasih telah berkunjung.