11 Pengertian Akuntansi Biaya, Fungsi, Tujuan, Manfaat

Posted on

Akuntansi biaya merupakan sebuah proses pencatatan keuangan yang didalamnya terjadi proses menggolongkan dan meringkas terhadap suatu biaya produksi, penjualan produk maupun jasa menggunakan suatu cara tertentu lengkap dangan penjelasannya. Definisi tersebut sangatlah berbeda dari Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli yang masih berhubungan dengan materi ini.

Akuntansi biaya dibutuhkan dalam pertanggungjawaban terhadap pihak eksternal perusahaan misalnya investgor maupun kreditor. Dan juga kepada pihak internal yang dalam hal ini adalah manajemen perusahaan tersebut. Berbeda dengan Prinsip Dasar Akuntansi yang penerapannya lebih mengarah kepada pembuatan laporan keuangan agar mudah dibaca dan dipahami.

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Horngren, Datar, dan Foster

Akuntansi Biaya akan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntansi biaya akan mengukur dan melaporkan setiap informasi keuangan dan non keuangan yang berhubungan dengan biaya peroleh atau pemanfaatan sumber daya salah satu organisasi.

Bastian dan Nurlela (2006)

Akuntansi biaya adalah suatu bidang dalam akuntansi yang mempelajari bagaimana cara mencatat, mengukur dan melaporkan tentang informasi biaya yang digunakan.

Kholmi dan Yuningsih (2009:1)

Akuntansi biaya adalah proses pelacakan, pencatatan, pengalokasian, pelaporan serta analisis terhadap bermacam-macam biaya yang berhubungan dengan aktivitas atau kegiatan dari suatu perusahaan atau organisasi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Rayburn

Akuntansi biasa adalah ilmu mengidentifikasikan, mendefinisikan, mengukur, melaporkan serta melakukan analisis berbagai unsur biaya langsung dan tidak langsung yang berhubungan dengan produksi serta pemasaran barang dan jasa.
Pengertian Akuntansi Biaya, Fungsi, Tujuan, Manfaat

Armanto Witjaksono (2006:45)

Akuntansi biaya akan melengkapi manajemen dengan perangkat akuntansi untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian.

Abdul Halim

Akuntansi biaya adalah ilmu akuntansi yang membicarakan tentang penentuan cost atau harga pokok dari suatu produk yang diproduksi atau yang akan dijual di pasar baik itu untuk memenuhi pesanan atau pemesan ataupun untuk dijadikan persediaan barang daganan yang akan dijual.

Baca Juga :  Pengertian Pengusaha, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan Wirausaha Terlengkap

R.A. Supriyono (2000:21)

Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan menekan transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Mulyadi (1999:6)

Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan pengkajian biaya serta pembuatan dan penjualan produk atau jasa dengan cara-cara tertentu dan penafsiran terhadapnya.

Carter dan Usry

Akuntansi biaya adalah perhitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.

Schaum

Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama akuntansi biaya adalah untuk melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan.

Wikipedia

Akuntansi biaya adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi prose pelacakan, pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan harang atau jasa.

Fungsi Akuntansi Biaya

Fungsi dari akuntansi biaya antara lain:

  • Untuk menjalankan perhitungan dan pelaporan biaya atau harga pokok sebuah produk
  • Untuk membuat rincian harga atau biaya pokok di setiap unsurnya.
  • Untuk memberikan informasi dasar untuk pembuatan perencanaan biaya dan beban
  • Untuk menyajikan informasi biaya untuk manajemen untuk digunakan dalam pengendalian manajemen
  • Untuk menyajikan data setiap proses penyusunan anggaran

Sedangkan selain dari fungsi diatas, akuntansi biaya juga berfungsi sebagai:

Penentuan Harga Pokok

Fungsi lain dari akuntansi baiya adalah untuk menetapkan penentuan harga pokok terhadap sebuah produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Aset (Aktiva), Komponen, Jenis, Siklus, Perencanaan, Penggunaan

Jangan sampai harga yang menjadi penawar terlalu tinggi maupun terlalu rendah oleh konsumen. Penentuan harga pokok didapatkan dengan cara mencatat, menggolongkan, memonitor dan meringkas semua komponen biaya yang berkaitan dengan proses produksi dari data histori yang dijadikan acuan pihak manajemen dalam penentuan harga pokok produksi.

Baca Juga :  Pengertian Ekonomi Syariah, Tujuan, Prinsip dan Karakteristiknya

Perencanaan dan Pengendalian Biaya

Dasar yang diterapkan didalam estimasi biasa yaitu data histori dengan melakukan pertimbangan faktor-faktor lain yang diprediksi akan mempengaruhi biaya.

Dalam perencanaan dan pengendalian biaya, pihak manajemen akan memonitor apakah terjadi penyimpangan (terdapat selisih antara biaya nyata dengan perencanaan biaya). JIka terdapat penyimpangan, pihak manajemen akan melakukan analisa sebab terjadinya selisih dan juga melakukan pertimbangan tindakan pengoreksian yang seharusnya dilakukan sebagai bentuk pengendalian.

Tujuan Akuntansi Biaya

Dalam akuntansi biaya terdapat tujuan yang hendak dicapai, yaitu:

  • Penentuan Harga Pokok Penjualan (HPP). Yaitu mencatat, menggolongkan dan meringkas suatu biaya dalam pembuatan produk
  • Menyediakan informasi biaya untuk keperluan manajemen sebagai ukuran efisiensi
  • Alat perencanaan. Akuntansi biaya sebagai alat perencanaan bisnis pasti berhubungan dengan penghasilan dan biaya. Perencanaan biaya tersebut tidak akan menyulitkan dalam pengendalian biaya.
  • Pengambilan Keputusan Khusus, salah satu tujuan untuk dijadikan alat manajemen dalam melakukan pengawasan dan merekam suatu transaksi biaya secara sistematis dan menyediakan informasi biaya dalam metode laporan biaya.
  • Memperkenalkan Berbagai Metode. Untuk mengenalkan banyak metode cara dalam akuntansi biaya bisa disesuaikan dengan kepentingan yang diperlukan dengan hasil yang paling efisien dan efektif.

Manfaat Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya merupakan satu diantara beberapa cabang akuntansi yang dijadikan alat untuk manajemen dalam memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis, dan juga memberikan informasi biaya berupa laporan biaya. Manfaat biaya yaitu

  • Memberikan salah satu informasi yang dibutuhkan oleh manajemen dalam pengelolaan perusahaannya, yakni untuk merencanakan dalam mengelola perusahaannya,
  • Yaitu untuk perencanaan dan pengendalian keuntungan, menentukan harga pokok produk dan jasa
  • Untuk pengambilan keputusan oleh manajemen

Itulah penjelasan yang bisa saya berikan. Semoga bisa menambah wawasan kamu dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Rating Artikel Ini