6 Masalah Pokok Ekonomi Modern dan Klasik Lengkap

Posted on

Dalam ekonomi sehari-hari tidak terlepas dari adanya masalah. Sedangkan masalah tersebut dibagi menjadi masalah pokok ekonomi modern dan klasik.

Masalah ekonomi bisa terjadi karena antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan melawan sumber daya yang terbatas hingga terjadilah masalah.

Dibawah ini adalah pembahasan tentang masalah pokok ekonomi modern dan ekonomi klasik secara lengkap. Simak selengkapnya dibawah ini.

Masalah Pokok Ekonomi Modern

masalah pokok ekonomi modern

Terdapat tiga masalah paling krusial dalam ekonomi modern. Berikut ini masalah-masalah tersebut.

Barang dan Jasa Apa yang Diproduksi dan Seberapa Banyak (What)?

Masalah pokok pertama yang sangat penting didalam ekonomi yaitu bagaimana produsen bisa menetapkan barang dan jasa apa saja yang diproduksi. Lebih dari itu banyaknya jumlah produk harus menjadi perhitungan.

Baca Juga: Pengertian Pengusaha

Sebab jika salah perhitungan, produsen akan mengalami kerugian, hingga bisa terjadi kerugian bahkan bangkrut sebab barang menumpuk tidak didistribusikan.

Bagaimana Cara Memproduksi Barang (How)?

Sesudah barang dan jasa ditetapkan jenis dan jumlahnya, maka masalah berikutnya yaitu teknik produksinya. Dengan sumber daya yang sudah ada, produsen harus dapat menetapkan teknik produksi yang efisien.

Pertimbangan berapa banyak karyawan, apa teknik yang diterapkan. Dan juga produsen harus dapat menetapkan apakah akan memproduksi dengan tenaga manusia atau bantuan mesin.

Untuk Siapa Barang Tersebut Diproduksi (For Whom)?

Masalah ini berhubungan dengan siapa yang memerlukan barang atau jasa, dan siapa saja yang akan ikut memetik hasilnya. Hal mendasara adalah keuntungan dari barang dan jasa yang diproduksi tidak saja untuk konsumen. Tetapi ada pihak-pihak yang mendapatkan keuntungan.

Baca Juga :  26 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Seperti contohnya, karyawan akan mendapatkan penghasilan, pemilik bahan baku akan mendapatkan upah, pemilik modal akan mendapatkan bunga modal, dan tentu saja produsen akan menerima keuntungan dari hasil penjualan produksnya.

Baca Juga: Pengertian Lembaga Keuangan

Oleh sebab itu, masalah ini sangat berhubungan dengan “Siapa saja yang memperoleh keuntungan” dari diproduksinya barang dan jasa, menjadikan produsen harus bisa melakukan penyelesaian masalah ini.

Masalah Pokok Ekonomi Klasik

Dalam teori klasik, masalah pokok ekonomi bisa dibedakan menjadi tiga masalah utama yaitu:

Masalah Produksi

Supaya bisa memenuhi keperluan manusia, maka barang dan jasa harus disediakan. Untuk itu, agar terpenuhi, produsen harus tahu barang dan jasa seperti apa yang diperlukan oleh masyarakat.

Kondisi dalam masalah produksi seperti dalam jumlah barang yang tersedia, dan kebutuhan masyarakat. Dengan adanya penyesuaian dari dua hal itu maka bisa meningkatkan usaha dalam menyelesaikan masalah ekonomi klasik.

Masalah Distribusi

Berikutnya adalah masalah distribusi, artinya berhubungan dengan bagaimana suatu produk atau jasa dapat didistribusikan dengan baik sampai ke tangan konsumen.

Konsumen dalam hal ini adalah masyarakat adalah pengguna barang dan jasa dari proses distribusi tersebut. Dalam kajian ekonomi masyarakat juga adalah penentu harga yang diakibatkan dalam masalah ekonomi klasik.

Dalam realisasinya jika barang dan jasa terjadi kelangkaan dan juga banyak yang membutuhkan, maka harga barang menjadi lebih tinggi, keadaan ini biasa terjadi yang dilakukan oleh para distributor barang dalam pengontrolan dan juga mengatur kebijakan supaya memperoleh keuntungan dari kegiatan yang dilakukannya.

Masalah Konsumsi

Sesudah barang dan jasa sampai di tangan konsumen, masalah berikutnya adalah apakah barang itu akan dikonsumei atau sebaliknya yaitu terbuang sia-sia karena harganya tidak terjangkau.

Baca Juga :  Pengertian NPWP, Fungsi, Tujuan, Pembayaran dan Contohnya

Ini merupakan maslaah yang harus bisa diselesaikan oleh produsen sebagai pembuat produk. Pada sudut pandang lain, sebagai konsumen, masyarakat harus dapat meningkatkan pendapatan agar bisa membeli produk atau jasa yang menjadi keinginannya.

Dengan pembahasan masalah pokok ekonomi modern dan ekonomi klasik diatas, maka bisa dihubungkan bahwa proses menyelesaikan perekonomian dalam memenuhi barang atau jasa membutuhkan kajian yang sangat tepat dalam menjalankannya, sehingga apa yang dihasilkan bisa membuat pandangan fakta sosial kehidupan masyarakat dapat berubah.

Demikianlah informasi tentang masalah pokok ekonomi modern dan ekonomi klasik. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dan. Nantikan artikel berikutnya.

5 (100%) 12 votes