Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Dasar Negara

Posted on

Definisi Pancasila yang berasal dari bahasa Sanksekerta yaitu “Panca” yang artinya lima dan “Sila” yang artinya dasar. Sehingga Pancasila juga bisa disebut dengan lima dasar.

Istilah Pancasila diambil dalam Kitab Empu Tantular yakni Sutasoma. Di dalam Kitab tersebut, Pancasila merupakan pelaksanaan kesusilaan yang lima.

Untuk mendapatkan penjelasan yang lengkap dan lebih terarah, silakan simak pembahasan tentang Makna Pancasila sebagai Ideologi Terbuka dibawah ini.

Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila adalah suatu Ideologi yang telah ada sejak lama sebelum negara Indonesia terbentuk. Ideologi ini berbeda jauh dengan demokrasi atau liberal. Gagasan mengenai Pancasila sebagai ideologi terbuka muncul pada tahun 1985.

Pada saat ini Pancasila baru dijadikan sebagai dasar Negara (Emran, 1994:38). Mengapa Pancasila harus mempunyai sifat ideologi terbuka? Sebab Pancasila merupakan pedoman dan acuan dalam melakukan aktivitas pada segi kehidupan di negara Indonesia.

makna pancasila sebagai ideologi terbuka

Oleh karena itu Pancasila harus terbuka, luwes, fleksibel dan tidak tertutup bahkan tidak boleh kaku. Sebab jika terjadi yang sebaliknya, maka Indonesia dan masyarakat akan tidak memiliki makna.

Dalam pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka menurut para ahli Marsudi (2006: 62) menyatakan bahwa Ideologi yang bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman tanpa membuat perubahan di nilai dasar Pancasila itu sendiri.

Penjelasan sederhananya yaitu mengubah nilai dasar pancasila artinya merubah identitas atau jati diri dari bangsa Indonesia.

Contoh Pancasil Sebagai Ideologi Terbuka

Adapun contoh dari Pancasila sebagai ideologi terbuka dapat kami jabarkan seperti dibawah ini.

Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan Sesuai Pancasila

Hal ini dapat dilihat dalam sila Pancasila yakni “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Pada sila tersebut telah diterangkan apabila kemanusiaan sangat dihargai dan dijunjung tinggi oleh Pancasila.

Ideologi terbuka yang menjadi dasar negara mempunyai tujuan yang krusial dan berhubungan dengan masyarakat Indonesia. Dengan Pancasila maka harapannya agar kemanusiaan akan lebih berharga dan dijunjung tinggi.

Pancasila sangat menghargai dan menilai kemanusiaan adalah sebuah hal yang harus diutamakan dan tidak dapat diabaikan.

Menjunjung Tinggi Nilai Ketuhanan

Pada sila pertama Pancasila yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” ini dapat diartikan bahwa Indonesia sebagai negara yang mempunyai banyak agama, tidak hanya satu saja menjadikan makna Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Ini :  41 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

Adanya ideologi terbuka pancasila maka tujuannya adalah agar masyarakat dapat mempunyai cara pandang dan cara berpikir yang lebih terbuka dan bersifat rohani. Ideologi pancasila juga dapat dijadikan harapan untuk menjunjung tinggi nilai ke Tuhanan.

Bangsa Indonesia dan masyarakat yang ada di dunia ini berkat Tuhan Yang Maha Esa sudah membuat dan melindungi hingga akhir hayat.

Mau Menerima Masukan Budaya Luar dengan Selektif

Contoh ketiga dalam makna pancasila sebagai ideologi terbuka adalah bersedia menerima masukan dari budaya luar namun harus selektif. Pancasila sebagai ideologi terbuka tidak memaksa kepada individunya.

Artinya dengan ideologi ini maka dijadikan sebagai pemersatu kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Sehingga tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia dapat tercapai dengan baik.

Ideologi pancasila sebagai dasar negara ini juga menjadikan semua masyarakat untuk tidak menerima budaya luar. Ideologi ini juga bersifat fleksibel dan sangat terbuka menjadikan kita sebagai masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan mudah.

Masyarakat tidak dilarang untuk tahu tentang budaya luar negeri, seperti mendengarkan musik modern atau mengetahui budaya dari luar. Namun sebagai Warga Negara Indonesia sudah sebaiknya memilih budaya dari luar itu secara selektif.

Apabila budaya tersebut dapat membuat individu atau masyarakat menjadi lebih baik, dan berkembang maka tidak menjadi masalah.

Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

Arti atau makna Pancasila sebagai dasar negara karena merupakan suatu pondasi atau fundamental dari negara Republik Indonesia, hal ini karena semua berdasar dan berpedoman kepada Pancasila. Adapun penjelasan lengkapnya adalah

Pancasila Sebagai Dasar Negara artinya:

  • Sumber hukum dari semua hukum. Semua hukum yang dibuat, dirancang, dan diterapkan di Indonesia harus mempunyai dasar atas nilai-nilai dasar yang ada pada Pancasila.
  • Menjadi tujuan dan cita-cita dasar dalam penegakan hukum di negara Indonesia.
  • Pancasila yang merupakan norma dan aturan yang menjadi dasar semua aspek kehidupan bangsa Indonesia yang mengatur tentang penerapan dalam mengambil keputusan.
  • Pancasila merupakan landasan dalam mengatur proses menyelenggarakan negara.
  • Sumber dasar untuk menegahkan hukum dan menjalankan pemerintahan.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka semoga dapat menambah pengetahuan kalian dan terimakasih sudah berkunjung di situs kami.