11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi dan Ciri-Cirinya

Posted on

Dalam sebuah negara indikator keberhasilan dalam pembangunan ekonominya adalah pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta adanya peningkatan kesempatan kerja.

Dengan melakukan pendekatan pada pertumbuhan ekonomi yang banyak dijalankan disetiap daerah dalam pengembangan sektor-sektor ekonomi daerah yang diharapkan bisa membuat peluang kerja menjadi lebih banyak.

Tujuan paling penting dari pembangunan ekonomi yaitu dapat membuat pertumbuhan ekonomi yang meningkat tinggi, serta melakukan pengurangan tingkat kemiskinan, ketimpangan pendapatan, mengurangi pengangguran, dan membuat lapangan kerja.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Indikator keberhasilan ekonomi yaitu upaya atau suatu usaha dalam meningkatkan pendapatan perkapita dengan sistem pengelolaan kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil dengan cara memakai teknologi, menanam modal, meningkatkan keterampilan, menambah pengetahuan, menambah kemampuan berorganisasi dan manajemen.

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Adapun indikator keberhasilan pembangunan ekonomi dapat dilihat dari beberapa aspek, antara lain:

Urbanisasi

Definisi dari urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa menuju kota. Adanya urbanisasi dapat menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, sebab jika penduduk desa pindah ke kota, berarti akan lebih terjamin kesejahteraan dan kemakmurannya.

Adanya hal yang menarik seringkali karena di kota lebih banyak kesempatan kerja dan didorong oleh ketersediaan mesin-mesin dengan teknologi canggih.

Kemudian kebutuhan barang yang banyak menjadikan perusahaan membuka lapangan pekerjaan, sehingga akan memberikan pengaruh terhadap pengangguran menjadi sedikit berkurang, serta mengurangi tingkat kemiskinan.

Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita suatu negara sangat berhubungan erat dengan pertumbuhan ekonominya. Dan lebih dari itu akan berpengaruh juga kepada pembangunan ekonomi.

Indikator ini bisa berpengaruh sebab jika pendapatan perkapita semakin tinggi, dikarenakan kestabilan ekonomi juga baik. Artinya kesejahteraan masyarakat lebih terjamin.

Hubungannya dengan urbanisasi adalah perusahaan memerlukan tenaga kerja dalam memenuhi permintaan pasar. Dengan seperti itu, pendapatan perusahaan akan naik dan berpengaruh kepada para karyawannya.

Baca Juga :  Pengertian Lembaga Keuangan, Fungsi, Manfaat, Jenis Terlengkap

Apabila karyawan atau kuli meningkatkan kualitas kerjanya, maka akan meningkatkan juga permintaan, sehingga pendapatan perkapitan menjadi lebih baik.

Struktur Ekonomi

Struktur ekonomi sebuah negara berkaitan erat dengan indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Sebab, dengan terjadi perkembangan pembangunan ekonomi, maka struktur ekonomi juga akan ikut berkembang.

Seperti misalnya, pertumbuhan ekonomi membuat sektor pertanian digantikan dengan sektor industri, maka struktr ekonomi akan berubah beriringan dengan bertumbuhnya ekonomi negara tersebut.

Angka Tabungan

Angkat tabungan berkaitan juga dengan struktur ekonomi. Sehingga juga disebut sebagai indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

Seperti misalnya, perubahan dari sektor perkebunan menjadi sektor perindustrian akan menaikkan produktivitas, dan juga perolehan yang dihasilkan juga akan naik.

Definisi tabungan sendiri adalah modal dalam suatu perekonomian, dengan tabungan jika semakin banyak tabungan yang dimiliki dlam perubahan struktur ekonomi, maka bisa diambil kesimpulan jika perekonomian akan semakin berkembang.

Indeks Kualitas Hidup

Indeks kualitas hidup bisa dikategorikan menjadi tiga kategori, yakni angka rata-rata harapan hidup, angka kematian bayi serta angka melek huruf.

Indeks kualitas hidup merupakan indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, sebab jika semakin membaik indeks kualitas hidup, maka semakin baik pula pembangunan ekonomi yang dilakukan.

Angka Rata-Rata Harapan Hidup

Angka rata-rata harapan hidup suatu negara yang kondisi pembangunan ekonominya baik tentu saja akan menjadi lebih tinggi. Seperti, dapat dilihat dari terpenuhinya kebutuhan makanan terhadap masyarakat yang merata.

Baca Juga: Pengertian Pengusaha

Artinya mereka dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka apabila tidak ada sesuatu yang menyebabkan kekurangan makanan. Contoh lainnya adalah pemenuhan kebutuhan obat-obatan atau akses kesehatan masyarakat terjangkau jika masyarakat menderita sakit.

Angka Kematian Bayi

indikator keberhasilan pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi yang baik dapat menurunkan angka kematian bayi. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan pemenuhan gizi, nutrisi, dan pelayanan kesehatan yang memadai untuk ibu hami sampai bayi yang dilahirkan.

Angka Melek Huruf

Pembangunan ekonomi yang baik juga dapat direalisasikan dengan angka melek huruf yang terus terjadi peningkatan. Artinya adalah negara memberikan fasilitas untuk warganya agar melek hurud dan mempermudah untuk melakukan komunikasi yang baik. Dengan melek huruf itu membuat masyarakat dapat lebih paham terhadap perkembangan dari suatu negara.

Indeks Pembangunan Nasional

Indeks Pembangunan Nasional merupakan salah satu bagian dari indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Merupakan indeks yang akan membandingkan indeks kualitas hidup dari suatu negara. Dari indeks ini akan dapat melihat perkembangan pembangunan ekonomi negara terletak dimana.

Baca Juga :  Pengertian Reksadana Adalah, Cara Kerja, Contoh Produk dan Keuntungan

Sehingga nanti indeks pembangunan nasional dapat menjadi sebuah tolak ukur sudah mencapai mana pembangunan suatu negara.

Pendidikan

Pendidikan dapat menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara. Sebab pembangunan ekonomi negara yang mengalami kemajuan, akan terjadi jika tingkat pendidikan masyarakatnya juga tinggi.

Maksudnya adalah apabila dilihat dari banyaknya angka atau orang yang melek hurud pada negara tersebut, maka menjadi tanda bahwa pembangunan ekonominya juga baik.

Tetapi tidak saja dilihat dari angka melek huruf saja, juga dari tingkat partisipasi masyarakat kepada pentingnya pendidikan.

Kesehatan

Kesehatan berpengaruh juga terhadap pembangunan ekonomi. Terpenuhinya fasilitas kesehatan, kemudahan dalam mengakses kesehatan yang ada, akan menjadikan angka harapan hidup meningkat. Seperti contohnya, pelayanan KB (Keluarga Berencana). Hal tersebut tentu suatu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

Tempat Tinggal

Tempat tinggal masuk dalam indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Karena tempat tingga yang memiliki fasilitas air, listrik yang stabil, sarana sanitasi dan kualitas tempat tinggal yang layak huni dapat menjadi tanda bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat.

Kriminalitas

Tingkat kriminalitas menjadi berkurang apabila suatu negara memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Sebab itu masyarakat sudah dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Akses ke Media

Akses yang tersedia untuk menuju ke tempat-tempat yang tidak terjangkau dapat menjadi tanda bahwa tingkat pembangunan ekonomi negara itu baik.

Ciri-Ciri Pembangunan Ekonomi

Adapun ciri-ciri dari pembangunan ekonomi antara lain yaitu:

  • Terdapatnya kenaikan GDP (Gross Domestic Product) dan juga GNP (Gross National Product) yang terus berkelanjutan serta memiliki jangka panjang.
  • Terdapat peningkatan pendapatan perkapita suatu negara.
  • Adanya pengedalian dari pertumbuhan jumlah penduduk suatu negara.

Itulah penjelasan lengkap tentang Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi. Semoga bisa memberikan masukan dan wawasan untuk anda. Terimakasih telah membaca dan kunjungannya.