Fungsi Testis, Pengertian dan Strukturnya

Posted on

Testis merupakan sebuah organ yang sangat fital pada sistem reproduksi pria. Pada setiap laki-laki mempunyai testis sepasang, yang panjangnya kira-kira 5 cm.

Pada awal masa puber, testis terus tumbuh dari usia 10 sampai 13 tahun. Ketika tumbuh, pada testis akan terbungkus yang disebut dengan skrotum dan berwarna gelap, ditumbuhi rambut dan juga menggantung kebawah.

Fungsi Testis

Adapun fungsi testis antara lain yaitu:

  • Sebagai penghasil sperma (spermatozoa)
  • Sebagai alat untuk mengeluarkan testosteron.

Pengertian Testis

fungsi testis

Definisi testis yaitu organ kelamin laki-laki yang bentuknya oval dan berada didalam skrotum yang jumlahnya sepasang. Testis berada pada skrotum yaitu organ berugae (mempunyai lipatan kulit), dan memiliku fungsi untuk menjaga suhu testis supaya spermatogenesis bisa terjadi.

Baca Juga: Fungsi Nefron

Apabila suhu rendah (dingin) maka skrotum akan menjadi berkerut dan mendekat ke arah tubuh, namun jika suhu sedang tinggi, skrotum akan mengendur dan menjauh dari tubuh.

Pembentukan sperma pada testis terjadi di tubulus seminiferus. LAlu ada pintalan-pintalan tubuhlus seminiferus yang ada di ruang testis yang dinamakan dengan lobulus testis, satu testis secara umum memiliki kira-kira 250 lobulus testis.

Testis tersusun atas tubulus seminiferus yang padat, berkelok-kelok kemudian didalamnya akan berlangsung spermatogeneis. Tubulus seminiferus tersebut berisi lapisan sel-sel sperma yang telah atau sedang berkembang.

Antara tubulus seminiferus ada sel khusus yang dinamakan dengan sel Leydig maupun sel intestisium. Tubula seminiferus yang mengulung, ditutupi oleh lapisan epitel germinal yang bisa berisi sampai dengan lapisan sel. Sebaiknya anda mengetahui juga Fungsi Ureter pada Ginjal

Baca Juga :  Fungsi Alveolus di Paru-Paru Manusia

Testis kiri biasa tergantung lebih rendah dibanding testis kanan. Dari tobulus seminiferus dilanjutkan ke rete testis, dektus eferen, epididimis, duktus deferen.

Struktur Testis

Testis terbungkus oleh lapisan fibrosa yang dinamakan tunika albuginea. Yang mana pada testis ada banyak saluran yang dinamana tubulus seminiferus. Tubulus ini banyak diisi oleh lapisan sel sperma yang sudah berkembang atau tengah berkembang.

Testis mempunyai peranan yang sangat penting bagi seorang pria. Kedua testis atau buah zakar ini akan menghasilkan dan menyimpan jutaan sperma disetiap harinya. Yang sperma tersebut nanti bisa membuahi sel telur wanita apabila terjadi ejakuli ketika berhubungan seksual.

Fungsi testis diatur oleh otak serta kelenjar hipofisi (pituari). Berikut ini adalah fakta tentang testis yang harus kalian ketahui, antara lain yaitu:

  • Mempunyai ukuran testis berbeda antara testis kanan dan kiri merupakan sesuatu yang wajar dan biasa pada umumnya. Seringkali testis kanan mempunyai ukuran yang lebih besar daripada testis kiri.
  • Skrotum akan berkerut pada saat kedinginan dan dapat melonggar apabila suhu hangat atau tinggi
  • Testis normal terasa halus, tanpa benjolan atau gumpalan

Itulah penjelasan lengkap tentang Testis. Semoga dapat memberikan wawasan dan terimakasih sudah berkunjung. Nantikan artikel selanjutnya.