Fungsi Nefron, Pengertian dan Bagian-Bagiannya

Posted on

Nefron merupakan bagian paling kecil dari ginjal yang tersusun atas tubulus kontortus proximal, tubulus kontortus distal dan duktus kologentes.

Pada nefron inilah tempat penyaringan darah terjadi dan bagian ginjal yang sangat penting yang juga merupakan bagian sistem eksresi manuia karena mengeluarkan urin.

Fungsi Nefron

Fungsi dari nefron antara lain:

  • Melakukan filtrasi darah. Proses ini dinamakan juga dengan penyaringan dan dilakukan pada glomerulus.
  • Melakukan reabsorpsi. Proses merupakan penyerapan kembali dan dilakukan di tobulus kontortus proksimal.
  • Melakukan sekresi zat yang berlebih atau tidak digunakan oleh tubuh. Proses ini adalah augmentasi dan dilakukan di tubulus kontortus distal.
  • Memiliki fungsi utama dalam eksresi urin.
  • Sebagai pengatur kadar zat dan cairan di tubuh
  • Memecah sel-sel darah merah untuk menghasilkan buangan nitrogen.
  • Membentuk urea dari produk sisa hasil metabolisme protein
  • Sebagai pengatur komposisi kimia darah

Bagian-Bagian Nefron

fungsi nefron

Adapun bagian dari nefron antara lain sebagai berikut:

Afferent Arteriole

Arteriol Afferen yaitu arteri yang membawa darah ke glomerulus. Darah pada arteriol ini masih kotor. Fungsi dari afferent arteriole yaitu untuk membawa darah kotor ke glomerulus.

Glomerulus

Glomerulus merupakan simpul kecil pembuluh darah. Glomerulus merupakan alat filter atau penyaring pertama dari tiga proses penyarigan darah. Fungsi glomerulus yaitu untuk melakukan penyaringan (filtrasi darah) yang mempunyai ukuran lebih kecil dari sel darah.

Kapsula Bowman

Kapsula bowman merupakan struktur yang mengelilingi glomerulus. Berbentuk seperti cangkir atau kantung. Fungsi dari kapsula bowman yaiyu untuk menampung sementara hasil filtrasi glomerulus dan mengatarkannya ke tubulus kontortus proksimal. Baca Juga: Fungsi Testis

Baca Juga :  Fungsi Alveolus di Paru-Paru Manusia

Efferent Arteriole

Efferent arteriole atau arteriol eferen merupakan kebalikan dari afferent arteriole yakni arteri yang membawa darah dari glomerulus. Darah pada afferent arteriole masih harus diproses pada tubulus di nefron. Fungsi dari efferent arteriole yaitu unutk membawa darah sesudah disaring di glomerulus untuk diproses pada nefron.

Tubulus Proksimal

Tubulus proksimal atau tubulus kontortus proksimal merupakan saluran berliku yang terletak setelah glomerulus. Fungsi dari tubulus kontortus proksimal yaitu untuk melakukan reabsorpsi (penyerapan kembali) zat yang bisa digunakan oleh tubuh seperti asam amino.

Lengkung Henle

Lengkung henle merupakan bagian yang berbentuk lengkung ke bawah yang terletak diantara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Fungsi lengkung henle yaitu untuk membagi urin yang berada di kedua tubulus tersebut.

Tubulus Distal

Tubulus distal (tubulus kontortus distal) merupakan saluran berliku yang terletak pada akhir dari saluran nefron. Fungsi dari tubulus kontortus distal yaitu untuk menjalankan proses augmentasi atau menambah zat yang tidak digunakan atau berlebih menjadikan urin menjadi pekat dan siap dikeluarkan oleh tubuh. Baca Juga: Fungsi Alveolus

Duktus Kolektivus

Duktus kolektivus (tubulus kolektivus) merupakan saluran yang mempunyai fungsi untuk menampung urin dari berbagai nefron untuk diantarkan ke pelvis.

Itulah penjelasan lengkap tentang nefron. Semoga bisa menjadi referensi materi kalian. Terimakasih sudah membaca blog kami dan nantikan artikel berikutnya.

Rating Artikel Ini