Fungsi Glomerulus dan Pengertiannya

Posted on

Glomerulus yaitu simpul pembuluh darah dengan ukuran sangat kecil yang terletak disebalah dean nefron ginjal. Glomerulus merupakan bagian dari ginjal. Glomerulus adalah tempat penyaringan darah yang berperan dalam menyaring air, garam, asam amino, glukosa dan urea. Serta menghasilkan urin primer.

Fungsi Glomerulus

Fungsi utama atau paling penting glomerulus adalah sebagai alat penyaringan/filtrasi dimana ini adalah proses pertama darah disaring untuk menghasilkan urin.

Baca Juga: Fungsi Ureter

Urin primer yang berasal dari glomerulus akan diangkut ke tubulus kontortus proksimal yang juga salah satu bagian dari nefron ginjal. Glomerulus diselubungi oleh kapsula Bowman yang bentuknya seperti cangkir. Glomerulus dengan kapsula Bowman akan membentuk renal korpuskula. Adapun fungsi glomerulus lainnya yaitu:

  • Sebagai penyaring air, asam amino, glukosa dan urea
  • Sebagai pengatur tekanan dan volume darah dengan sel jukstaglomerular
  • Menjalankan proses penyaringan (filtrasi) yang merupakan bagian dari proses penyaringan darah di nefron ginjal.
  • Melakukan eleminasi toksin (racun) pada darah
  • Sebagai penghasil urin primer yang harus diproses pada tahap berikutnya.
  • Sebagai pencegahan molekul dengan ukuran besar seperti protein masuk ke nefron.
  • Melakukan pembersihan zat kimia yang masuk melalui makanan/minuman. Zat-zat seperti pemutih, penjernih, pengawet, pengental, pewarna, penyedap dan pemanis buatan harus dikeluarkan oleh ginjal berupa air seni (urin).
  • Mensekresikan limbah nitrogen dari hasil metabolisme protein seperti urea atau BUN, serta kretanin dan asam urat baik yang bersumber dari makanan atau kerusakan otot.
  • Mempertahankan zat yang bermanfaat seperti albumin (protein darah) dan glukosan (gula darah) supaya kedua zat tersebut tidak tertukar.

Pengertian Glomerulus

fungsi glomerulus

Glomerulus sebagaimana sudah dijelaskan pada awal paragraf diatas, merupakan simpul dari pembuluh darah yang berukuran kecil yang berperan dalam penyaringan darah untuk menghasilkan urin.

Itulah penjelasan singkat tentang Glomerulus. Semoga dapat menambah referensi kalian. Nantikan artikel selanjutnya

Baca Juga :  Fungsi Stomata, Pengertian, Struktur Tipe pada Tumbuhan