8 Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Posted on

Pembangunan ekonomi yaitu suatu proses yang ada dan ditandai dengan tingginya pendapatan total dan juga naiknya pendapatan perkapita yang dibandingkan dengan pertambahan penduduk, diikuti dengan terdapat perubahan fundamental didalam tatanan struktur ekonomi sebuah negara.

Pembangunan ekonomi selalu berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi, keduanya mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Dengan adanya pembangunan ekonomi bisa membuat pertumbuhan ekonomi juga terdorong, dan juga sebaliknya pertumbuhan ekonomi bisa mempermudah kelancaran adanya proses pembangunan ekonomi.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi ialah suatu proses yang terjadi dengan menjalankan usaha menaikkan kapasitas produksi perekonomian yang hasilnya bisa dilihat dari terdapatnya kenaikan pendapatan nasional.

faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi

Sebuah negara bisa disebut bertumuh ekonominya jika di negar itu terjad kenaikan GNP (Gross National Product) secara nyata, dan hal itu bisa menjadi sebuah tanda-tanda adanya keberhasilan pembangunan ekonominya.

Yang membedakan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yaitu, pertumbuhan ekonomi memiliki sifat dominan pada kuantitatif. Yakni dengan melihat naiknya pendapatan dan juga tingkat output produksi yang sudah dihasilkan, sedangkan keberhasilan pembangunan ekonomi lebih bersifat pada kualitatif, tidak hanya dilihat dari pertambahan produksi, tetapi juga dilihat dari perubahan-perubahan yang terjadi pada stuktur produksi dan juga alokasi input di semua sektor.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pengaruh dalam pembangunan ekonomi. Dibawah ini akan kami jelaskan secara lengkap dan mudah dipahami.

Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Sumber Daya Manusia (SDM)

Faktor pertama yang menjadi pengaruh dalam pembangunan ekonomi yaitu Sumber Daya Manusia atau SDM nya. Dalam penentuan yang paling mendasar atau penting dari pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara yakni melakukan perhitungan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang sudah tersedia.

Kualitas ini bisa dilihat dari Ilmu Keterampilan, kemampuan kreatif, sistem pelatihan dan pendidikan yang ada pada SDM tersebut. Apabila sebuah negara mempunyai sumber daya manusia yang baik. Apabila sumber daya manusia sbeuah negara memiliki keterampilan dan sudah terlatih, maka output yang didapatkan juga lebih berkualitas.

Baca Juga :  Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, Bagan dan Contohnya

Tetapi, jika ada kekurangan dari sumber daya manusia yang terampil, maka bisa menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi, sedangkan kelebihan atau surplus dari sumber daya manusia ini akan berkurang signifikan kepada pertumbuhan ekonomi.

Oleh sebab itu, sumber daya manusia sebuah negara harus sepadan antara jumlahnya dengan keterampilan dan kemampuan yang diperlukan, menjadikan pertumbuhan ekonomi akan tercapai.

Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber Daya Alam (SDA) yaitu sumber daya yang sudah ada di alam, baik didarat maupun dibawah laut. Ini bisa menjadi pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Sumber daya alam yang ada atau dikuasai oleh negara sesuai dengan keadaan iklim dan lingkungan pada negara itu sendiri. Negara yang mempunyai banyak sumber daya alam bisa menikmati pertumbuhan yang lebih baik daripada dengan negara-negara yagn sumber daya alamnya sedikit.

Penggunaan sumber daya alam yang efieisn atau dieksploitasi tersebut bisa terjadi bergantung dengan keterampilan dan kemampuan sumber daya manusia dalam menggunakannya dan teknologi yang dipakai serta adanya dana yang menalangi.

Suatu negara yang didalamnya terdapat sumber daya manusia yang terampil dan terdidik dalam penggunaan sumber daya alam yang kaya, maka akan memperlihatkan status perekonomian menjadi lebih bertumbuh.

Pembentukan Modal

Terbentuknya modal bisa terdiri atas tanah, bangunan, mesin, listrik, transporasi serta media komunikasi. Pembentukan modal yakni proses membuat dan mendapatkan seluruh produk buatan manusia.

Pembentukan modal bisa mempengaruhi atau menumbuhkan ketersediaan modal untuk tenaga kerja yang bisa meningkatkan rasio modal atau tenaga kerja.

Sehingga, produktivitas tenaga kerja menjadi tinggi, yang bisa memperbesar tingkat outpun dan juga pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Pengembangan Teknologi

Teknologi yaitu sifat dan jenis dari instrumen teknis yang dipakai oleh tenaga kerja. Teknologi yang terus berkembeng menjadi ikut andil dalam meningkatnya produktivitas dengna jumlah sumber daya yang terbatas.

Negara-negara yang sudah menerapkan pengembangan teknologi bisa tumbuh dengan cepat daripada negara-negara yang tidak menerapkannya. Teknologi yang dipilih dengna tepat dan cermat bisa ikut berperan dalam pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga :  Pengertian Kesempatan Kerja, Jenis-Jenis, Faktor Yang Mempengaruhi, Contoh

Faktor Sosial dan Politik

Faktor sosial tersusun atas adat istiadat, tradisi, nilai-nilai serta keyakinan yang bisa berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Kondisi politik sebuah negara bisa berpengaruh kepada pertumbuhan ekonominya.

Apabila kondisi politiknya sedang stabil dan berjalan dengan lancar, maka akan tercipta kenyamanan untuk para masyarakat dan juga bisa mendukung peningkatan kinerja dalam produksi.

Baca Juga: Pengertian Pengusaha

Dengan seperti masyarakat akan bisa dengan leluasa menciptakan inovasi dan mengembangkan semua potensi yang ada, menjadikan adanya pertumbuhan ekonomi yang tercapai.

Faktor Budaya

Faktor budaya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu negara, sebab faktor ini adalah sebagai pemicu bangkitnya proses pertumbuhan tetapi bisa juga menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi sebuah negara.

Budaya yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuah negara seperti sikap kerja keras dan kerja cerdas, adanya kejujuran, ulet dan lain sebagainya.

Dan budaya yang bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi sebuah negara antara lain adalah sikap yang anarkis, ingin menang sendiri, sifat boros, hedonisme, KKN dan lain sebagainya.

Intervensi Pemerintah

Banyak industri yang diatur pemerintah dalam suatu bentuk atau lainnya. Instansi pemerintah memberi standar jika semua operator industri harus ikut patuh terhadap keselamatan konsumen, karyawan, atau sumber daya alamnya.

Di beberapa industri yang dominan diatur dibanding yang lain dan undang-undang serta peraturan baru bisa memberikan pengaruh semua industri dan menekan pertumbuhan.

Infrastruktur

Infrastruktur berperan penting dan bisa mendorong berbagai macam efisiensi dan juga menjadi efektif dalam suatu aktivitas menjadikan akan bisa memmudahkan proses produksi.

Jika infrastruktur bisa terbangun dengan baik, maka akan memudahkan dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Menjadikan dalam hal itu akan memberikan sebuah aktivitas proses dalam pembangunan ekonomi di suatu negara yang kemudian akan menjadi lebih lancar.

Itulah penjelasan lengkap tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Semoga dapat menjadi referensi wawasan anda. Nantikan artikel berikutnya.

5 (100%) 10 votes